Pengamat: Cawapres Jokowi Sebaiknya Tokoh Ulama

34
  • 1
    Share
Jokowi
Joko Widodo (int)

SULSELSATU.com – Pengamat politik Universitas Katolik Widya Mandira Kupang, Mikhael Bataona, MA mengatakan, Jokowi akan lebih nyaman jika memilih tokoh ulama sebagai pendamping dalam Pilpres 2019.

“Soal wakil, saya kira Jokowi akan lebih nyaman jika memilih sosok seperti kiai Haji Ma’aruf Amin yang adalah seorang ulama, yang juga Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia dan juga Rais ‘Aam PBNU,” kata Mikhael Bataona, MA.

Dia mengemukakan hal itu, berkaitan dengan sosok yang pantas mendampingi Jokowi dalam Pilpres 2019. Menurut Mikhael jika Jokowi mengambil tokoh parpol sebagai pendampingnya, maka risikonya sangat besar bagi Jokowi sendiri.

“Jika Jokowi memilih wakil dari tokoh parpol akan ada konflik dan peluang pecah kongsi dalam koalisi menjadi besar,” jelas Mikhael yang dikutip dari Netralnews.

Mengenai peluang JK, dia mengatakan, sangat kecil JK kembali menjadi calon wakilnya Jokowi jika Mahkamah Konstitusi (MK) konsisten pada putusan.

“Soal peluang JK, saya kira kecil jika MK konsisten pada putusan mereka sesuai bunyi UU,” katanya. Tetapi apabila JK mendapat ruang untuk kembali maju, maka Prabowo bisa memainkan kartu ini juga untuk menyerang Jokowi bahwa JK ternyata motifnya kekuasaan dan bukan pengabdian. Ini menjadi soal juga, tutur Mikhael.

Mengenai peluang Prabowo, menurut dia, Prabowo harus mengambil wakil dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS), karena soliditas PKS dan mesin partainya terbukti solid dan mengakar.Jika Prabowo mengambil wakil dari PAN maka peluangnya kecil untuk memenangkan pertarungan.

“Tetapi kalau pada akhirnya Pilpres berada dalam posisi ‘head to head’ Jokowi vs Prabowo maka peluang Jokowi untuk saat ini masih lebih besar,” ungkap Mikhael.

Karena di tahun depan pascaAsian Games, citra Jokowi akan semakin baik.Selain peresmian MRT Jakarta dan infrastruktur lainnya yang selesai awal tahun 2019, otomatis akan mendongkrak elektabilitas Jokowi, katanya menambahkan.

Editor: Febriansyah

Terpopuler