Masa Perbaikan, Begini Mekanisme Bongkar Pasang Bacaleg di KPU Barru

216
  • 2
    Shares
Img 20180724 Wa0010
Komisioner Divisi Teknis dan Logistik KPU Barru, Masdar. (Sulselsatu/Asriadi Rijal)

SULSELSATU.com, BARRU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Barru mengingatkan partai politik untuk tidak asal-asalan dalam mengubah komposisi bacalegnya selama perbaikan berkas.

Komisioner Divisi Teknis dan Logistik KPU Barru, Masdar mengatakan, ada beberapa poin dan aturan penggantian calon di masa perbaikan ini.

Dia mengatakan, ada beberapa yang bisa diganti seperti Bacaleg yang sudah ditetapkan Memenuhi Syarat (MS) namun meninggal dunia, berstatus terpidana berdasarkan putusan inkracht, pencalonan ganda dan mengundurkan diri.

“Jika calon yang berstatus BMS pada masa penelitian pertama ini bisa diganti selama perbaikan, hanya saja yang harus diperhatikan oleh parpol jika pergantian dilakukan bagi yang sudah MS dan parpol harus memperhatikan ketentuan yang ada,” ujarnya

Lebih jauh dia menjelaskan, ketentuan penggantian calon punya mekanisme, di antaranya bakal calon pengganti bisa dari calon baru yang belum pernah diajukan pada masa pengajuan di tingkat manapun, atau berasal dari bakal calon yang juga berstatus BMS di dapil yang sama dengan calon yang akan diganti.

Jika calon yang akan diganti adalah calon yang MS kata dia, maka tidak mengubah nomor urut calon tersebut, jika yang diganti adalah calon berstatus BMS, masih boleh tukar nomor urut antar sesama BMS di dalil yang sama, dan penggantian calon di atas wajib diinput ke SILON.

“Saya tegaskan kembali jika ketahuan bakal calon penggantinya adalah calon BMS dari dapil lain, maka di TMS-kan di masa penelitian dan apabila sampai akhir masa perbaikan ada calon yang BMS tapi tidak dilakukan perbaikan atau penggantian, calon tersebut dinyatakan TMS dan tidak dapat diganti, sehingga namanya tidak dicantumkan pada rancangan DCS dan nomor urut yang di bawahnya akan dinaikkan,” jelas dia.

Penulis: Asriadi Rijal
Editor: Hendra Wijaya