BEI Makassar Sebut Pelemahan Rupiah Tidak Berdampak Besar

31
  • 2
    Shares
Ilustrasi Dolar AS. (Sulselsatu/Moh. Niaz Sharief)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Bursa Efek Indonesia (BEI) Makassar menyebut bahwa pelemahan rupiah tidak berdampak besar pada seluruh saham. Hanya saja, sedikit mempengaruhi indeks harga saham gabungan (IHSG).

Kepala Kantor Perwakilan BEI Makassar, Fahmin Amirullah menjelaskan jika pelemahan rupiah bukan berarti membuat semua saham terkoreksi namun memiliki sedikit berpengaruh di IHSG.

“Pelemahan rupiah berpengaruh pada IHSG karena terkait dengan ekspektasi dan kepercayaan investor terhadap kondisi ekonomi secara makro,” jelasnya, Rabu, (25/7/2018).

Namun, kata Fahmin, pelemahan rupiah biasanya disikapi dengan cara temporer karena melihat langkah Bank Indonesia (BI) dalam melakukan kebijakan terhadap nilai tukar.

Lebih jauh, Fahmin mengatakan pergerakan dari IHSG mengalami kondisi naik turun. Ia mencontohkan sebelumnya IHSG berada di atas level 6000 yang artinya indeks tertinggi, namun setelah pelemahan rupiah berada di bawah 6000.

“Tapi hari ini, (kemarin, selasa 24/7/2018) tercatat transaksi IHSG menguat. Data penutupan perdagangan menutup transaksi di atas Rp6 triliun,” bebernya.

Ia juga menerangkan bahwa dalam kondisi pelemahan rupiah, langkah BEI adalah untuk  menjaga perdagangan tetap berlangsung dengan baik. 

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Awang Darmawan