Polda Lacak Aset Abu Tours di Perumahan Elit Citra Land

78
  • 22
    Shares
Dicky Sondani
Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani. (Sulselsatu/Hermawan Mappiwali).

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dit Reskrimsus Polda Sulsel berhasil melacak salah satu aset milik eks CEO Abu Tours, Hamzah Mamba berupa rumah mewah di perumahan elit Citra Land, Kabupaten Gowa.

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, sebelum kasus Abu Tours bergulir, Hamzah Mamba pernah membeli rumah di perumahan Citra Land dengan harga Rp 1,6 miliar lebih.

Pihak Citra Land pun akhirnya bersedia mengembalikan uang pembelian rumah tersebut yang kemudian disita pihak kepolisian. Dasar pengembalian uang itu sendiri tersebut lantaran diduga sebagai hasil tindak pidana pencucian uang jemaah Abu Tours.

“Jadi Abu tour ini beli rumah di Citra Land. Karena Citra Land ini tau bahwa ini adalah uang hasil kejahatan, maka Citra Land itu mengembalikan uang kepada kepolisian sebanyak Rp 1.666.800.000,” ujar Kombes Pol Dicky Sondani saat di ruangannya di Mapolda Sulsel, Rabu (25/7/2018).

Diketahui, penyitaan barang bukti uang tersebut dilakukan penyidik pada Selasa (24/7/ 2018) kemarin.

Seperti diketahui, eks Abu Tours Hamzah Mamba sendiri telah menjadi tahanan Kejaksaan Negeri Makassar setelah pelimpahan tahap dua dilakukan oleh Polda Sulsel pada Jumat pekan lalu (20/7/2108).

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Awang Darmawan