Kemendagri Tekankan Kerjasama Daerah dalam Pembukaan Rakernas APEKSI

18
Img 20180725 Wa0017
Dirjen Otda Kemendagri, Sumarsono memberikan sambutan mewakil Mendagri di Rakernas APEKSI di Kota Tarakan. (Ist)

SULSELSATU.com, TARAKAN – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberi perhatian khusus pada perlunya kerja sama daerah dalam mensejahterahkan rakyat.

Hal ini dibahas pada Rapat Kerja Nasional APEKSI 2018 di Kayan Multifunction Hall Hotel Tarakan Plaza, Jalan Yos Sudarso, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Rabu(25/7/2018).

“Merupakan sebuah mekanisme pemerintah daerah dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pembangunan yang lebih merata dan berkeadilan,” kata Dirjen Otda, Sumarsono yang hadir mewakili Mendagri Tjahjo Kumolo.

Hal ini diatur sebagaimana Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dalam pasal 363 sampai pasal 369, uU No. 23/2014 mengatur tentang Kerja Sama Daerah.

Kerjsama ini harus didasarkan pada pertimbangan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik serta saling menguntungkan.

Subjek kerjasama daerah adalah gubernur, bupati dan walikota sedangkan objek kerja sama adalah urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah untuk terwujudnya kesejahteraan masyarakat, pembangunan daerah dan percepatan pemenuhan pelayanan publik.

Kerjasama ini mencakup kerjasama daerah dengan daerah lain (antar daerah), kerjasama daerah dengan pihak ketiga/swasta, kerjasama daerah dengan lembaga atau pemerintah daerah di luar negeri sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Kerjasama wajib dan kerjasama sukarela. Kerjsama wajib merupakan kerja sama antar daerah yang berbatasan dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan, misalnya untuk pembangunan infrastruktur.

Sementara, kerjasama sukarela merupan kerja sama yang dilaksanakan oleh daerah yang berbatasan atau tidak berbatasan untuk penyelenggara urusan pemerintahan yang menadi kewenangan daerah namun dipandang lebit fektif dan efisien jika dilaksanakan dengan bekerjasama.

“Contohnya, kerja sama antara Pemerintah Kota Surakarta dengan Pemerintah Kota Yogyakarta, Surabaya, Makasar dalam bidang pariwisata dan informasi teknologi,” sebut Sumarsono yang juga Pj Gubernur Sulsel ini.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

Terpopuler