Sekolahnya Ditutup, Siswa SMP Ki Hajar Dewantara Dijamin Tetap Bersekolah

55
  • 2
    Shares
Smp Ki Hajar
Suasana ruang kelas di SMP Ki Hajar Dewantara. (Sulselsatu/Mawar A. Pasakai)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Dinas Pendidikan Kota Makassar akan memindahkan siswa yang terdaftar di SMP Ki Hajar Dewantara ke sekolah lain.

Hal ini menyusul rencana Disdik menutup operasional sekolah tersebut karena telah menerbitkan Surat Keterangan Hasil Ujian (SKHU) palsu.

Akibat SKHU palsu, siswa yang dinyatakan lulus di sekolah tersebut tidak bisa melanjutkan pendidikan ke tingkat SMA/SMK. Pasalnya, SKHU yang telah diterbitkan tidak terdaftar di Kementerian Pendidikan Nasional.

“Siswa berhak mendapat pendidikan. Kita sarankan pindah ke sekolah terbukanya SMP 7 atau sekolah swasta lainnya yang diinginkan orang tua. Kita akan bantu fasilitasi itu,” kata pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan, Hasbi, Rabu (25/7/2018).

Sementara bagi siswa yang telah mengikuti ujian di sekolah tersebut, kata Hasbi, terpaksa harus menunggu hingga tahun depan untuk diikutkan ujian susulan.

Menurut dia, tidak ada lagi solusi selain menunggu hingga pelaksanaan ujian nasional tahun depan.

“Solusi satu-satunya, tunggu ujian tahun depan. Tidak mungkinmi juga mereka ikut belajar di SMA karena tidak ada ijazah. Kita berusaha memberi pemahaman ke orang tua, seperti itu konsekuensinya. Pihak sekolahnya juga kan sudah diproses oleh pihak kepolisian,” ucap Hasbi.

Penulis: Mawar A. Pasakai
Editor: Awang Darmawan