Soni: Masa Transisi, Tiga Unsur Harus Bersatu

55
  • 1
    Share
Pj Gubernur Sulsel, Soni Sumarsono. (Sulselsatu/Asrhawi Muin)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Memasuki masa transisi pemerintahan, Pj Gubernur Sulsel, Sumarsono, menyampaikan agar ketiga unsur yakni gubernur (pemprov), DPRD dan gubernur terpilih harus bersatu.

Hal ini disampaikannya dalam paparannya pada Rapat Konsultasi Gubernur Sulsel dan Anggota DPRD Sulsel Terkait Penyusunan RAPBD Tahun 2019 di Kantor DPRD Sulsel, Selasa, (25/07/2018).

“Ini untuk membangun kesepahaman bersama, tiga jalur harus dikawikan untuk membagun sebuah pemahaman yang sama untuk membangun Susel di masa transisional,” katanya. 

Hal ini menjadi penting sebab di masa transisi ini rencana penyusunan RAPBD Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) Tahun 2019 Gubernur Sulsel Periode 2018-2023 tengah dilakukan.

Selain itu, saat ini juga tengah dibahas mengenai Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) dan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) lima tahun ke depan.

Karenanya, Sumarsono menyampaikan harus menjembatani gubernur terpilih di masa transisi untuk menjaga program yang ada tetap berjalan dan dibutuhkan oleh masyarakat. 

“Kalau dijembatani semua akan kita kawinkan dan ketemu, tidak ada program yang diterlantarkan,” sebutya.

Senada dengan itu, Ketua DPRD HM Roem, juga menyatakan bahwa tiga kompenen (Pemprov, DPRD dan Gubernur terpilih) pada masa transisi ini harus bersatu.

“Di masa transisi, karena dia (NA-ASS) belum menyatu dengan eksekutif jadi visi-misinya itu sudah perlu ikut dibicarakan,” ujarnya. 

Program yang ada di tahun 2018 merupakan program RPJMD tahun 2013-2018, dan masih berjalan, sedangkan untuk tahun 2019-2024 menanti.

“Visi misi Gubernur terpilih juga harus diakomodir,  karena sudah dilantik September,” pungkasnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan