Soni Yakin NA Bakal Lanjutkan Program Lama

43
  • 1
    Share
Transisi Sumarsono
Penjabat Gubernur Sulsel Sumarsono bersama tim transisi Prof Andalan yang dihadiri Wakil Gubernur terpilih Sudirman Sulaiman bahas KUA PPAS di Rujab Gubernur, Kamis (19/7/2018). (Sulselsatu/Ashrawi Muin)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pj Gubernur Sulsel Sumarsono optimistis program-program lama Pemprov Sulsel bakal tetap dilanjutkan di pemerintahan baru. Sebab, ia yakin gubernur terpilih Nurdin Abdullah (NA) paham mana program yang bisa dilanjutkan dan mana yang tidak, apalagi jika tersebut telah menelan dana besar.

“Sudah diketemukan di (tim) transisi ternyata hasilnya program lama masih bisa dilanjutkan,” papar Soni, sapaan akrab Sumarsono, dalam Rapat Konsultasi Gubernur Sulsel dan Anggota DPRD Sulsel Terkait Penyusunan RAPBD Tahun 2019 di Kantor DPRD Sulsel, Selasa (24/07/2018).

Diketahui, beradasarkan Rancangan KUA PPAS 2019 disusun berdasarkan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Sulawesi Selatan tahun 2019 yang telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Gubernur No.97 Tahun 2018.

Serta berdasarkan Permendagri 38/2018 tentang Pedoman Penyusunan APBD Tahun 2019 bahwa KUA PPAS 2019 disampaikan oleh Kepala Daerah kepada DPRD paling lambat minggu ke 2 bulan Juli.

Rancangan KUA PPAS Tahun 2019 telah disampaikan kepada DPRD pada tanggal 13 Juli 2018, untuk memenuhi jadwal sesuai ketentuan mengenai tahapan Penyusunan APBD TA. 2019.

Tanggal 19 Juli 2018, atau 6 hari setelah penyampaian KUA PPAS ke DPRD, Gubernur menerima kunjungan Tim Transisi yang dipimpin langsung oleh Wakil Gubernur terpilih Andi Sudirman Sulaiman yang pada pokoknya berharap kiranya program prioritas pasangan Gubernur terpilih dapat diakomodir dalam rancangan KUA PPAS 2019.

Pada dasarnya rancangan KUA PPAS TA 2019 yang sudah disampaikan ke DPRD belum bersifat final karena baru bersifat rancangan, sehingga dalam perjalanan pembahasan berikutnya diharapkan dapat mengakomodir Visi-Misi dan Program Kepala Daerah terpilih sesuai Permendagri No 38 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan APBD TA 2019.

Tanggal 23 Juli kemarin, Tim Transisi telah melakukan rapat dengan Tim Pemprov Sulsel (Kepala Bappeda, Kepala BPKD dan Asisten 2) dan Tim Transisisi yang dipimpin langsung oleh Wagub terpilih telah menyampaikan beberapa hal terkait dengan Rancangan KUA PPAS TA 2019.

Tim Transisi juga sudah mulai melakukan pertemuan dengan para Kepala OPD untuk bersama-sama mencermati penyusunan RENJA/RKA OPD TA 2019 agar bisa mengakomodir Program Kerja Gubernur terpilih.

“Oleh karena itu, angka-angka yang tertera dalam rancangan KUA PPAS TA 2019 terkait dengan proyeksi pendapatan daerah, belanja daerah dan pembiayaan daerah, termasuk angka-angka program pada pagu indikatif OPD, kemungkinan masih akan berubah sesuai dengan hasil akhir pembicaraan Tim Transisi dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan,” jelas Soni.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan