Pasca Pertemuan, Ini Syarat SBY Berkoalisi dengan Prabowo di Pilpres 2019

38
  • 1
    Share
Sby Prabowo 1
Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. (INT)

SULSELSATU.com, JAKARTA – Pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto Selasa malam merupakan jalan pembuka bagi kedua partai membentuk koalisi. SBY mengatakan telah menemukan kesepakatan visi dan misi untuk membentuk sebuah kongsi. Dia menyebut peluang koalisi Demokrat dengan Gerindra sangat besar.

“Saya harus mengatakan jalan untuk membangun koalisi ini terbuka lebar apalagi setelah kami berdua sepakat atas apa yang menjadi persoalan bangsa 5 tahun ke depan, sepakat atas apa yang diharapkan dan diinginkan rakyat hingga tingkat akar rumput grass root, golongan bawah sebelum kami bicara koalisi,” ujarnya di kediamannya di Jalan Mega Kuningan Timur VII, Jakarta Selatan, dikutip dari Poskota, Selasa (24/7/2018).

Presiden ke-6 RI itu menerangkan selain kesamaan visi dan misi, Demokrat dengan Gerindra juga menyepakati adanya saling percaya, saling menghormati yang menjadi syarat sebuah koalisi dibentuk.

SBY mengungkapkan hasil pertemuannya dengan Prabowo akan dibawa ke forum tertinggi partai guna memutuskan arah koalisi termasuk menentukan nama capres dan cawapres pada Pilpres 2019.

“Karena forum ini lah forum tertinggi di Partai Demokrat yang akan mengambil keputusan dengan partai politik mana partai demokrat berkoalisi dan pada saatnya nanti siapa Capres dan Cawapres yang kami usung dan calonkan,” imbuh SBY.

Sementara itu, Prabowo mengatakan pertemuan menyepakati untuk membentuk tim guna menindaklanjuti hasil pembahasan. Tim kecil dari masing-masing partai politik akan membahas detil kesepakatan Demokrat dan Gerindra dalam koalisi.

“Dalam hari-hari yang akan datang tim kecil dari gerindra akan intensif bekerja dengan tim kecil dari demokrat,” kata Prabowo.

Editor: Febriansyah