Nonton Film Horor Ternyata Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan

70
  • 2
    Shares
Horor
Ilustrasi nonton film horor (int)

SULSELSATU.com – Menonton film bergenre horor memang dapat membuat Anda sulit tidur. Bayangan akan peristiwa mencekam sepanjang alur cerita siap menghantui saat Anda mulai memejamkan mata. Tapi siapa sangka, menonton film horor juga dapat memberikan manfaat bagi kesehatan .

Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan, menonton film horor dapat membuat terjadinya reaksi pembekuan darah dalam tubuh. Namun, ternyata aktivitas ini tidak selamanya memberikan efek yang negatif. Menonton film horor memberikan beberapa manfaat positif untuk kesehatan. Apa saja itu?.

Berikut ini tiga manfaat menonton film horor bagi kesehatan:

1. Membakar Kalori

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa menonton film horor dapat membakar kalori. Penelitian yang dilakukan oleh University of Westminster di Inggris pada tahun 2012 meminta 10 orang untuk menonton film-film menakutkan yang berbeda.

Penelitian ini memantau denyut jantung, keluaran karbon dioksida dan asupan oksigen ketika mereka menonton film. Hasilnya menunjukkan bahwa menonton film yang memicu adrenalin selama 90 menit dapat membakar kalori rata-rata 113 kalori, ini setara dengan kalori yang dibakar saat berjalan selama 30 menit. Semakin menakutkan film yang ditonton, semakin banyak kalori yang terbakar selama menonton film tersebut.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Hal ini mungkin terdengar aneh. Bagaimana bisa menonton film horor dapat meningkatkan kekebalan tubuh?. Namun, sebuah studi membuktikannya. Penelitian yang dipublikasikan dalam “Journal Stress” mengungkapkan bahwa menonton film yang menakutkan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Penelitian ini dilakukan dengan cara mengambil sampel darah dari partisipan sebelum, selama, dan setelah mereka menonton film horor. Hasilnya adalah sirkulasi darah dan kadar sel darah putih meningkat. Sel darah putih yang meningkat mampu merespons bahkan melawan infeksi.

3. Efek Menenangkan

Meski plot yang tidak pasti dalam film horor dapat membuat takut dan terkejut, namun ketidakpastian ini dapat memberikan pelepasan emosional karena frustasi atau rasa yang terpendam di kehidupan nyata. Dalam beberapa cara, film horor memberikan faktor yang menenangkan.

Ya, saat dirundung masalah, mungkin seseorang akan mencari pelampiasan untuk menemukan kesenangan kembali. Nah, salah satunya mungkin bisa dengan menonton film horor, sehingga emosi yang dipendam bisa terlepaskan.

Editor: Febriansyah

Rekomendasi Berita

Baca Juga