Pasca Dipecat DKPP, KPU Sulsel Ambil Alih Tugas KPU Palopo

93
  • 1
    Share
Rapat koordinasi KPU Palopo dalam rangka pelaksanaan kampanye akbar di Ruang Media Center KPU Palopo, Kamis (22/2/2018) malam tadi. (Sulselsatu.com/Herianto)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel akan mengambil alih tugas komisioner KPU Kota Palopo selama kurang lebih dua bulan.

Pengambil alihan ini merupakan dampak dari pemberhentian tetap komisioner KPU Palopo oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI.

“Masa tugasnya mereka sampai 24 September, jadi sisa dua bulan masa jabatannya. Tapi tidak benar-benar kosong. Akan diambil alih oleh Provinsi. Tergantung siapa komisioner yang ditunjuk untuk melanjutkan kepemimpinan di sana,” kata Kabag SDM KPU Sulsel, Ismail Masse, Kamis (26/7/2018).

Baca juga: Abaikan Putusan Panwas, 5 Komisioner KPU Palopo Dicopot DKPP

Pasca Dipecat DKPP, KPU Sulsel Ambil Alih Tugas KPU Palopo 1

Termasuk pelaksanaan administrasi dan tahapan yang sementara berlangsung, semuanya kata Ismail diambil alih oleh Provinsi.

Baca juga: Soal Pemecatan 5 Komisioner KPU Palopo oleh DKPP, Ini Kata Haedar Jidar

Tidak hanya itu, tahapan proses pendaftaran calon anggota DPRD Kota Palopo, penetapan Daftar Pemilih Pemilu (DPT), sampai gugatan yang saat ini berlangsung di Mahkamah Konstitusi (MK) juga dikendalikan KPU Provinsi.

“Untuk proses administrasi di MK seperti penyampaian bukti, kan ada sekretariat. Tapi tetap melaporkan kondisinya di KPU Sulsel. Apalagi kan komisioner KPU Palopo sudah menunjuk kuasa hukum,” katanya.

Sekadar diketahui, 5 komisioner KPU Palopo yang dicopot baru akan mengakhiri jabatannya pada 24 September 2018 mendatang.

Penulis: Asrul
Editor: Hendra Wijaya

Rekomendasi Berita

Baca Juga