Implementasi OSS di Sulsel Belum Maksimal

49
Muh Yamin

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Implementasi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 24 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS) mulai diterapkan di Sulsel.

OSS ini sendiri bertujuan untuk mempercepat dan menggenjot penanaman modal dan usaha sehingga kegiatan izin usaha lebih singkat, mudah dan murah.

Namun Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sulsel, Muhammad Yamin, mengatakan kebijakan yang diteken pada 21 Juni lalu ini masih dalam tahap penyesuaian secara bertahap, khususnya di daerah.

“Kami sendiri di Sulsel sebenarnya sudah menerapkan, cuma memang harus melakukan penyesuaian karena ini sistem terintegrasi antara Kementerian, kelembagaan, provinsi dan daerah,” terang Yamin, Rabu (25/07/2018).

Kendati demikian, Yamin mengaku sistem OSS ini memiliki keuntungan bagi semua pihak. Misalnya pengusaha lebih memiliki kepastian dan transparansi sedangkan pihak pelaksanaan lebih memiliki ketegasan.

Selain itu, Yamin menyebutkan tidak ada kendala lain. Soal data pengusaha di Dinas Dukcapil, kata dia, tidak terlalu menjadi kendala sebab masing-masing memiliki NIK dan sudah tercatat.

“Yang memakan waktu adalah verifikasi ke lapangannya, selama memenuhi kriteria kami akan memproses perizinannya,” paparnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Implementasi OSS di Sulsel Belum Maksimal 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga