Puluhan Orang Tewas di Suriah Akibat Serangan Bom Bunuh Diri ISIS

10
Isis 2
ISIS (int)

SULSELSATU.com – Kelompok  Negara Islam Irak (ISIS) telah menewaskan puluhan orang dengan serangkaian serangan di wilayah kekuasaan pemerintah di barat daya Suriah, Rabu (25/7/2018), termasuk beberapa bom bunuh diri di Sweida.

Aksi diduga terkoordinasi itu merupakan serangan paling mematikan yang terjadi di wilayah pemerintah dalam beberapa bulan terakhir. Setidaknya 38 warga sipil meninggal dunia dan 37 orang lainnya terluka, kata kepala dinas kesehatan Sweida kepada televisi pemerintah.

Timur laut dari Sweida, kelompok teror meluncurkan serangan bersamaan di sejumlah desa di mana mereka bertempur dengan pasukan pemerintah, kata media dan pengamat.

Di kota itu sendiri setidaknya dua pelaku meledakkan diri, satu dekat sebuah pasar dan yang lainnya di distrik berbeda. Dikutip Reuters, berita SANA melaporkan dua anggota ISIS lain terbunuh sebelum beraksi.

Gubernur Sweida Amer el-Eshi mengatakan pihak berwenang juga menangkap seorang pelaku lain. “Kota Sweida kini aman dan tenang,” ujarnya kepada Ikhbariyah TV.

ISIS telah diusir dari hampir seluruh wilayahnya di Suriah tahun lalu oleh serangan terpisah dari pasukan pemerintah yang didukung Rusia dan kelompok bersenjata yang disoking Amerika Serikat.

Sejak saat itu, Presiden Bashar al-Assad melanjutkan untuk menghancurkan sisa-sisa pemberontak di dekat Damaskus dan Homs serta menyapu bagian barat daya negaranya.

Editor: Febriansyah