Bahas Anggaran APBD 2019, Deng Ical Tekankan 3 Hal Ini

37
  • 2
    Shares
Img 20180726 Wa0007
Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal (Foto: Sulselsatu.com/ Mawar Pasakai)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal menekankan kepada seluruh Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD), agar memperhatikan program-program strategis dalam RPJMD saat membuat anggaran perubahan 2018 dan APBD Pokok 2019.

Dia menyebut, tahun 2019 merupakan akhir dari masa kepemimpinan Danny-Ical (DIA), sehingga program-program seperti pengentasan kemiskinan, kesenjangan sosial dan pelayanan publik harus menjadi perhatian seluruh SKPD.

“APBD 2019 adalah tahun terakhir kita, saya dan pak Danny. Maka dari itu, SKPD kita minta untuk berkomitmen mensinkronisasikan program-program strategis kita,” kata Deng Ical sapaan karib Syamsu Rizal usai membuka sisialisasi Permendagri 38 tentang APBD 2019.

Ia menyebut, ada tiga program strategis yang harus diselesaikan Danny-Ical sebelum masa pemerintahan berakhir.

Ketiga poin tersebut diantaranya, semua program yang dibuat oleh SKPD harus terintegrasi dengan pengurangan angka kemiskinan.

Selanjutnya, program SKPD yang tertuang dalam rencana strategis harus mampu mengurangi kesenjangan sosial.

“Kita mau seluruh elemen masyarakat tidak lagi merasa ada yang terpinggirkan, termarjinalkan, masyarakat yang tinggal di daerah pinggiran tidak lagi merasa lebih rendah dibanding masyarakat perkotaan,” ujar Ical.

“Terakhir,  SKPD harus melihat potensi-potensi setiap daerah, mereka harus meningkatkan nilai tambah masyarakat. Tidak ada lagi perbedaan pelayanan antara petani dan nelayan, begitupun sebaliknya, tentu semua itu harus sesuai dengan renstra yang telah disusun masing-masing SKPD,” ucap Ical.

Penulis: Mawar A. Pasakai

Editor: Awang Darmawan