Pajak Progresif di Sulsel Paling Murah se-Indonesia

22
Img 20180725 Wa0026
Sosialisasi pajak daerah di Hotel Remcy, Rabu (25/7/2018). (Ist)
Pajak Progresif di Sulsel Paling Murah se-Indonesia 1

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Sejak 1 Januari 2018 lalu, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel menurunkan pajak progresif sebagaimana Perda Nomor 8 Tahun 2017 tentang pajak progresif.

Pj Sekprov Sulsel, Tautoto Tanararanggina menjelaskan penurunan tarif pajak progresif ini dilakukan untuk meringankan beban pemilik kendaraan yang mempunyai kendaraan lebih dari satu unit.

Pajak progresif untuk kendaraan bermotor kedua sebesar 2 persen, ketiga 2,25 persen, keempat 2,5 persen, kelima hingga tak terbatas jumlahnya hanya dikenakan tarif pajak progresif sebesar 2,75 yang sebelumnya sebesar 5,5 persen.

Penurunan ini disebut Tautoto, menjadi pajak progresif paling murah jika dibandingkan dengan daerah lain di Indonesia.

“Ini pajak progresif yang paling murah se-Indonesia, kalau di daerah lain kenaikannya satu persen. Di Jakarta misalnya, untuk kendaraan kelima dan seterusnya pajak progresifnya sekitar 5 persen,” kata Tautoto dalam sosialisasi pajak daerah di Hotel Remcy Panakkukang Makassar, Rabu (25/7/2018).

Tak hanya itu, dasar pengenaan pajak progresif di Sulsel dilakukan berdasarkan nama dan alamat pemilik kendaraan. Berbeda di Jakarta, yang diberlakukan sesuai alamat, meski nama pemilik berbeda, namun dengan alamat yang sama maka tetap diberlakukan pajak progresif.

Pajak progresif ini sendiri diturunkan karena selama ini banyak pemilik kendaraan menghindari pajak progresif. Caranya, dengan meminjam nama saudara atau keluarganya saat membeli kendaraan kedua atau lebih.

“Dengan turunnya pajak ini kami harap penjualan otomotif meningkat dan tetap menggunakan nama sendiri pada kendaraan barunya,” harap Tautoto

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

Iklan stie Amkop

Rekomendasi Berita

Baca Juga