Pamit, Agus Surya Bakti Terkesan dengan Pepatah Bugis-Makassar

94
  • 9
    Shares
Whatsapp Image 2018 07 26 At 22.10.59
Mayjen TNI Agus Surya Bakti memberikan sambutan terakhirnya pada pisah sambut Pangdam VIX Hasanuddin di Hotel Claro, Makassar, Kamis malam (26/7/2018). (Sulselsatu/Hermawan Mappiwali)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Mayjen TNI Agus Surya Bakti menyampaikan kesannya selama menjabat Pangdam XIV Hasanuddin.

Seperti diketahui, jajaran Kodam XIV Hasanuddin menggelar pisah sambut antara Pangdam Mayjen TNI Agus Surya Bakti ke Mayjen TNI Surahwadi di Claro Hotel, Jalan AP Pettrani, Kamis (26/7/2018) malam.

Saat menyampaikan sambutannya, Agus mengaku sedih meninggalkan tanah Sulawesi. Selain itu, Agus juga turut mengenang masyarakat Sulsel.

“Sebetulnya sedih, berat meninggalkan tanah Sulawesi ini. Namun setiap prajurit TNI siap dipindahkan,” ujar Agus.

“Masyarakat yang hangat, kesan saya adalah kebersamaan dalam perbedaan itu adalah anugerah. Karena perbedaan itu kita ada. Carilah kebersamaan itu, maka kita aman dan damai,” ujarnya lagi.

Tidak hanya mengenang masyarakat Sulsel, namun ia juga mengaku sangat terkesan dengan pepatah Bugis. Bahkan, Agus menyebutkan dalam bahasa aslinya.

“Kualleangi Tallanga Natowalia, Sekali Layar Terkembang Pantang Biduk Surut ke Pantai,” ujar Agus dengan lancar.

“Begitu perahu para pelaut dilepaskan dari gambatannya, dia melaut ke pulau harapan, dia tidak akan kembali. Mengalahkan ombak yang tinggi dan sampai di pulau tujuan. Inilah semangat setia hingga akhir TNI,” ujar Agus menerangkan.

Selanjutnya, Agus juga menyebutkan pepatah yang lain, pepatah Makassar.

“Urangi ruayya, kaluppai ruayya” ujar Agus.

“Dua yang harus kita ingat dan dua yang harus kita lupakan. Yaitu kita harus ingat kebaikan orang lain dan ingat kesalahan kita kepada orang lain. Kemudian kita harus lupakan kebaikan kepada orang lain, dan lupakan kesalahan orang kepadamu,” ujar Agus menerangkan makna pepatah yang disebutkannya.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Hendra Wijaya

Pamit, Agus Surya Bakti Terkesan dengan Pepatah Bugis-Makassar 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga