Ternyata Ini Alasan Rumput Laut Baik untuk Ibu Hamil

36
  • 1
    Share
Rumput Laut
Rumput Laut (int)

SULSELSATU.com – Asupan makanan selama hamil diperlukan agar ibu sehat dan janin tumbuh berkembang dengan baik. Salah satu asupan makanan bergizi untuk ibu hamil adalah rumput laut.

Dokter Astrid Wulan Kusumoastuti dari Klikdokter.com menuliskan aneka manfaat rumput laut dalam artikel berikut.

Rumput laut adalah salah satu bahan makanan berkualitas gizi tinggi dan alami. Tak hanya kaya akan vitamin dan mineral, biota laut yang satu ini juga merupakan sumber protein nabati, serat, klorofil, dan berbagai enzim.

Rumput laut dan segudang nutrisinya memiliki berbagai manfaat bagi ibu hamil, baik untuk mendukung kesehatan ibu maupun perkembangan janin di dalam kandungan.

Ternyata Ini Alasan Rumput Laut Baik untuk Ibu Hamil 1

Terdapat berbagai jenis rumput laut yang bisa dikonsumsi. Kandungan gizinya pun beragam, meski kurang lebih serupa. Berikut adalah beberapa zat gizi pada rumput laut berserta manfaatnya bagi ibu hamil:

1. Yodium

Kekurangan yodium selama hamil dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan dan perkembangan bayi yang baru lahir. Maka itu, zat gizi ini penting untuk disuplai sejak si Kecil masih berada di dalam kandungan.

Berita baiknya, rumput laut dapat menjadi solusi dari hal tersebut. Ini karena rumput laut mengandung sejumlah yodium yang dapat membantu memelihara fungsi tiroid pada ibu hamil, mengendalikan energi untuk beraktivitas, fungsi metabolisme dan produksi hormon untuk perkembangan serta pertumbuhan janin.

Anda dapat menjadikan rumput laut sebagai pemasok utama yodium menggantikan garam, agar risiko hipertensi selama kehamilan bisa ditekan.

2. Vitamin K

Vitamin K penting untuk mengoptimalkan pembentukan tulang oleh kalsium. Vitamin ini juga sangat dibutuhkan ibu hamil untuk proses penggumpalan darah, yang nantinya turut mencegah perdarahan yang bisa berujung pada kematian.

Sebagai sumber makanan yang kaya akan vitamin K, rumput laut dapat menjadi salah satu pilihan sumber makanan sehat untuk memenuhi kebutuhan zat gizi ini.

3. Asam folat

Asam folat sangat penting bagi ibu hamil. Zat gizi ini dibutuhkan untuk menunjang pembentukan sel-sel saraf janin, pembentukan sel-sel darah merah yang berkualitas, dan mencegah adanya kelainan perkembangan selongsong susunan saraf.

Asam folat memang dapat ditemukan pada susu dan ikan salmon. Namun, bila ibu hamil tak menyukai kedua asupan tersebut, rumput laut dapat dijadikan sebagai alternatifnya.

4. Vitamin B12

Bersama asam folat, vitamin B12 berfungsi untuk mendukung pembentukan dan perkembangan sel saraf janin, serta membantu produksi sel-sel darah merah. Vitamin B12 juga mencegah terjadinya anemia selama kehamilan. Rumput laut adalah satu dari sedikit sumber makanan nonhewani yang kaya vitamin B12.

Mengetahui bahwa rumput laut dapat mendatangkan segudang manfaat sehat bagi ibu hamil, apakah Anda tertarik untuk mengonsumsinya selama kehamilan? Jika ya, pastikan Anda tetap memperhatikan porsinya agar tidak berlebihan. Jangan lupa untuk mengombinasikan konsumsi rumput laut dengan penerapan gaya hidup sehat, berolahraga secara rutin dan teratur, cukup istirahat, serta melakukan pemeriksaan antenatal secara berkala

Editor: Febriansyah

Rekomendasi Berita

Baca Juga