Berhasil Kendalikan Inflasi, Danny Dapat Apresiasi Khusus dari Presiden Jokowi, Ini Buktinya

74
  • 1
    Share
Danny Jokowi

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Keberhasilan Wali Kota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto dalam memimpin Makassar beberapa tahun belakangan ini tampaknya mendapatkan perhatian tersendiri dari Presiden Joko Widodo.

Presiden Jokowi memberikan apresiasi khusus bagi Danny, sapaan akrab Ramdhan Pomanto, yang dinilai berhasil membangun Makassar jadi lebih baik.

Hal itu terlihat dari unggahan Presiden Jokowi di akun Facebook miliknya, Jumat (27/7/2018). Dalam unggahan tersebut, mantan Walikota Solo itu seolah mengapresiasi keberhasilan Danny yang mampu mengendalikan inflasi di Makassar.

Danny memang baru-baru ini berhasil mengukir sejarah baru dengan meraih penghargaan Kota Terbaik Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) 2017 Award.

Penghargaan tersebut langsung diberikan Presiden Jokowi dalam acara Rapat Koordinasi Nasional Pengendalian Inflasi 2018, di Grand Sahid Jaya Hotel, Kamis (26/7/2018).

Penyerahan penghargaan tersebut turut disaksikan 416 bupati, 98 walikota, 34 gubernur seluruh Indonesia, serta para menteri, dan dirjen.

Keberhasilan Danny itu pun diapresiasi Jokowi dengan mengunggah status lengkap dengan foto saat dirinya memberikan selamat sekaligus menyerahkan penghargaan TPID Award itu kepada Danny. Berikut bunyi unggahannya:

Tiga tahun terakhir tingkat inflasi di tingkat pusat dan daerah selalu di bawah empat persen: 3,35 persen pada 2015, 3,02 persen pada 2016, dan 3,61 persen pada 2017. Ini bisa terjadi berkat sinergi yang baik antara Tim Pengendali Inflasi pusat dan daerah.

Kendati begitu, di hadapan ratusan kepala daerah dan perwakilan Bank Indonesia dari berbagai wilayah di Indonesia yang menghadiri Rakornas Pengendalian Inflasi tahun 2018 di Jakarta, kemarin, saya tetap berharap inflasi bisa diturunkan lagi hingga menyentuh angka antara 1-2 persen.

Kepala daerah harus lebih proaktif berupaya menekan inflasi yang terjadi di daerahnya. Contoh, bila inflasi terjadi karena kekurangan pasokan, maka kepala daerah itu harus langsung mengupayakan kelancaran pasokan dengan cara bekerja sama dengan daerah lainnya yang mengalami surplus. Inilah yang disebut perdagangan antardaerah. Tahu berasnya kurang, langsung cek provinsi mana yang surplus.

Pengecekan berkala jumlah stok pangan yang tersedia dan berkoordinasi dengan daerah sekitar itu harus dilakukan para kepala daerah untuk menekan angka inflasi. Dengan begitu, rakyat dapat menikmati harga yang terkendali.

Tiga tahun terakhir tingkat inflasi di tingkat pusat dan daerah selalu di bawah empat persen: 3,35 persen pada 2015,…

Posted by Presiden Joko Widodo on Thursday, July 26, 2018

Penulis: Mawar A. Pasakai
Editor: Awang Darmawan

Berhasil Kendalikan Inflasi, Danny Dapat Apresiasi Khusus dari Presiden Jokowi, Ini Buktinya 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga