Sumarsono dan Prof Husain Syam Gagas Buku Fenomena Koko

25
  • 1
    Share
Sumarsono Koko

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pj Gubernur Sulsel, Sumarsono bersama Rektor UNM, Husain Syam menggagas buku tentang fenomena menangnya Kotak Kosong (Koko) dalam pilkada Makassar.

Pasalnya, Sumarsono merasa hal ini menarik sebab terdapat banyak fenomena dan dinamika yang terjadi di dalamnya.

“Diantaranya, dinamika politik dan pembelajaran politik kita peroleh dari Pilkada Sulsel, khususnya Makassar. Di situ kan banyak banyak dimensi edukasinya (lesson learn),” ujarnya saat menerima kedatangan Husain Syam dan rombongan di ruang kerjanya, Jumat (27/07/2018).

Terutama, pertanyaan mengapa kotak kosong bisa menang dan apa saja faktor dan variabel-variabel yang mempengaruhi.

“Akan banyak kita dapatkan untuk kepentingan ilmu, ilmu yang diamalkan, namanya amal ilmiah, itulah buku,” harapnya.

Sementara itu, Rektor UNM, Husain Syam mengatakan buku ini akan memuat dari sudut perspektif pendidikan politik, akademisi dan peneliti UNM. Diharapkan nantinya buku ini bisa memberikan sumbangan pikiran-pikiran berdasarkan hasil penelitian dan temuan di lapangan.

“Tentu sesuai dengan teori. Inilah yang coba kita buat untuk menghadirkan pendidikan politik kepada masyarakat. Dan untuk memberikan perspektif khusus kepada Kota Makassar. Itu permintaan Pak Gubernur,” paparnya.

Husain Syam menambahkan, gagasan ini hadir dari pembicaraan lepas. Sebab, ia mengaku pertemuannya dengan Sumarsono hanyalah sekedar mengundangnya untuk hadir di Dies Natalis UNM ke-57 pada 1 Agustus mendatang.

“Kalau bisa menulis-menulis pikiran tentang pendidikan di masyarakat dalam berpolitik. Saya bilang yang namanya orang ilmiah itu selalu bisa menangkap fenomena lapangan,” paparnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan