Filipina Cabang Olahraga Basket Resmi Mundur dari Asian Games 2018

11
  • 3
    Shares
Filipina

SULSELSATU.com, JAKARTA – Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang berjarak kurang dari satu bulan lagi. Namun, kabar mengejutkan sudah datang lebih awal dengan mundurnya Filipina di cabang olahraga (cabor) Bola Basket lima lawan lima.

Keputusan resmi ini diumumkan oleh Federasi Bola Basket Filipina, Samahang Baskebol ng Pilipinas Inc (SBP), melalui berbagai saluran informasi mereka termasuk akun Twitter mereka pada Jumat (27/7/2018).

Beberapa alasan terkait mundurnya Filipina ini adalah putusan yang dijatuhkan oleh Komisi Disiplin Federasi Asosiasi Bola Basket Internasional (FIBA) kepada Filipina akibat insiden kericuhan dalam laga Kualifikasi Piala Dunia FIBA 2019 zona Asia melawan Australia pada awal Juli lalu.

Dalam sanksinya, FIBA menjatuhkan hukuman dengan memberikan larangan bermain kepada 10 pemain Filipina dan dua pelatih. Beberapa pemain yang mendapat larangan bermain ini terbilang cukup vital seperti Terence Romeo, Jayson Castro Williams, Andray Blatche, Jeth Rosaio, Calvin Abueva, dan Japeth Aguilar.

SBP sendiri menyatakan bahwa mereka tengah berupaya untuk melakukan banding atas putusan Komdis FIBA. Namun, mereka tetap kukuh pada putusan untuk mundur dari ajang olahraga empat tahunan Asia tersebut, padahal pada drawing yang sudah dilakukan –dengan Filipina tergabung di Grup B bersama Iran, Suriah, dan Arab Saudi.

Selain itu mereka juga mengantisipasi strategi untuk mengejar keberhasilan di kompetisi-kompetisi berikutnya, termasuk sisa laga kualifikasi Piala Dunia FIBA 2019 serta Piala Dunia FIBA 2023, di mana mereka menjadi tuan rumah bersama Indonesia dan Jepang.

“Kami ingin memberikan kesempatan tim nasional dan organisasi kami melakukan reorganisasi, mempersiapkan proses banding atas putusan Komisi Disiplin FIBA baru-baru ini dan membidik kesuksesan berkelanjutan di turnamen-turnamen mendatang –termasuk laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia FIBA dan Piala Dunia FIBA 2023 kami telah mencapai keputusan, dengan berbagai pertimbangan dan konsultasi dengan komunitas bola basket, bahwa waktu dan kesempatan yang ada tidak optimal untuk berpartisipasi di Asian Games 2018,” bunyi pernyataan SBP.

“Kami memohon maaf kepada panitia Asian Games dan penggemar Timnas Filipina serta masyarakat basket Asia atas pengunduran diri ini. SBP bertekad untuk meningkatkan sistem dan mempersiapkan berbagai program yang akan memastikan penampilan terhormat tim kami di dunia internasional, sesuatu yang akan bisa dibanggakan masyarakat negara kami.”

Keputusan itu sekaligus menyudahi spekulasi kehadiran bintang NBA, Jordan Clarkson, untuk tampil membela Filipina di Asian Games 2018 jika mendapatkan izin dari timnya, Cleveland Cavaliers. Adapun, dengan mundurnya Filipina dari Asian Games 2018 ini, jumlah peserta tim di cabor bola basket lima lawan lima tinggal tersisa 14 tim.

Editor : Agung Hidayat