Bupati Barru Lepas Peserta Penyuluh Pertanian ke Nganjuk dan Yogya

253
Img 20180728 Wa0002
SULSELSATU.com, BARRU – Bupati Barru, Suardi Saleh melepas 60 peserta studi wawasan dari Dinas Pertanian Kabupaten Barru menuju Nganjuk dan Yogyakarta di Rumah Jabatan Bupati, Jumat (27/7/2018) malam. 

Pada kesempatan itu Suardi menyampaikan bahwa studi wawasan ini harus benar-benar diikuti secara maksimal agar saat pulang nanti bisa diterapkan ilmunya khususnya dalam memberikan inovasi pengembangan pertanian. 

“Inovasi dan pengembangan ilmu memang perlu ada semacam pengembangan wawasan, maka apa yang didapatkan di sana nantinya bisa menjadi ilmu yang diterapkan untuk pengembangan pertanian kita,” kata Suardi.

Suardi juga memberikan dorongan semangat dan motivasi kepada para peserta, karena selama ini telah menjadi penggerak perubahan dalam meningkatkan kualitas pertanian. 

“Kepada penyuluh, tugasnya memberikan penyuluhan supaya produktivitas petani meningkat, memberikan penyuluhan supaya baik untuk bagaimana tata cara apa saja diperlukan dalam bertani sehingga produktivitas ini naik, maka studi semacam ini memang penting,” ujarnya.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Penyuluhan Dinas Pertanian Kabupaten Barru, Fauziah mengatakan bahwa 60 orang ini terdiri dari penyuluh pertanian 40 orang, petani 10 orang, dan pendamping dari Dinas Pertanian 10 orang.

“Mereka akan berangkat 31 Agustus hingga 2 Agustus 2018, didua tempat yaitu Nganjuk dan Jogjakarta. Untuk kunjungan di Nganjuk mereka akan mengunjungi sentra bawang merah dan peternakan, dan untuk di Jogjakarta merek mengunjungi pertanian organik di TOM (Tani Organik Merapi) Kabupaten Sleman, sentra cabai dan holtikultura lainnya di Kabupaten Kulon Progo dan teknik manajemen pemeliharaan dan uji performance Sapi Bali di Balai Besar Veteriner Wates Yogyakarta,” ujar Fauziah.

Sehingga kata Fauziah, studi banding ini dapat menambah semangat baru, ada tindakan baru, ada inovasi baru, ada terapan teknologi baru dari teman-teman penyuluh nantinya.

“Studi pembangunan penyuluhan pertanian bertujuan untuk meningkatkan SDM dan kapasitas penyuluh pertanian dalam mengawal program pemerintah di kabupaten Barru khusus di bagian pertanian dan menambah wawasan, pengetahuan dan keterampilan para penyuluh petani dalam mendampingi dan mengawal program pertanian,” ujarnya.

 
Penulis: Asriadi Rijal
Editor: Kink Kusuma Rein

 
Bupati Barru Lepas Peserta Penyuluh Pertanian ke Nganjuk dan Yogya 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga