Ini Aktivitas JCH Barru di Madinah Sebelum ke Mekkah

299
Img 20180727 Wa0104

SULSELSATU.com, BARRU – Sebanyak 169 Jemaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Barru yang tergabung dalam kloter 5 embarkasi UPG bersama dengan Kabupaten Gowa saat ini masih berada di Madinah, Sabtu (28/7/2018). 

Plh Kesra Pemkab Barru, Syahriadi Al Bugisy yang juga sebagai JCH Barru mengatakan sebelum berangkat menuju Tanah Suci Mekkah, JCH Barru akan melaksanakan ibadah Arbain pada malam Ahad yang akan datang di Masjid Nabawi Madinah dan selanjutnya akan berangkat ke Tanah Suci Mekkah pada hari Ahad pagi.

“Saat ini kami masih berada di Madinah dan malam Ahad nanti kami akan melaksanakan ibadah Arbain di Masjid Nabawi Madinah, dan rencananya Ahad pagi kami akan berangkat ke Mekkah,” kata Syahriadi kepada Sulselsatu.com via pesan WhatsApp, Sabtu (28/7/2018).

Lebih lanjut kata Syahriadi, JCH Barru akan mengambil Miqat di Masjid Bir Ali sebagai awal pelaksanaan umrah dengan memakai pakaian ihram.

“Setiap orang yang mau melaksanakan umrah pasti diawali dengan miqat, maka sebelum berangkat ke Mekkah harus singgah dulu di Masjid Bir Ali untuk berniat, karena satu-satunya tempat miqat di Madinah adalah Masjid Bir Ali,” ujarnya.

Ia mengurai, jika pelaksanaan miqat jika sudah sampai di Mekkah, tempat miqatnya itu tidak lagi kembali ke Madinah, tapi ada tempat khusus miqat di sana yaitu,  Tan’im atau Ji’rana. 

“Selama di Madinah JCH kita mengunjungi beberapa tempat ziarah yang memiliki nilai sejarah di antaranya Raodah, Pekuburan Baqi’, Masjid Gamamah, Masjid Abu Bakar, Masjid Umar, Masjid Usman dan Masjid Ali,  kemudian Masjid Quba’ dan meyempatkan waktu seluruh jamaah untuk salat sunnat mutlak dan salat dhuha di Masjid tersebut,” sambungnya.

Seperti yang diketahui, Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah Muhammad SAW.

“Selanjutnya kami semua beralih ke kebun dan Pasar Kurma, di sana ditemukan aneka macam kurma dengan rasa yang berbeda. Jabal Uhud, Jabal Magnet, Masjid Qiblatain dan Handaq, dan beberapa tempat-tempat lain yang bersejarah di Madinah,” ujarnya.

Penulis: Asriadi Rijal
Editor: Kink Kusuma Rein
Ini Aktivitas JCH Barru di Madinah Sebelum ke Mekkah 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga