Amran Panaskan Mesin Jokowi di Makassar, “Lautan” Manusia di Jalan Santai SRI

113
  • 1
    Share
Whatsapp Image 2018 07 29 At 21.25.29
Jalan Santai Bareng Jokowi dihadiri hampir satu juta relawan Sahabat Rakyat Indonesia dibawah komando Amran Sulaiman. (Ist)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Masyarakat yang tergabung dalam Sahabat Rakyat Indonesia (SRI) tumpah ruah memenuhi Lapangan Karebosi saat mengahdiri acara Jalan Sehat Bersama Jokowi untuk di Makassar, Minggu (29/7/2018).

Jalan santai yang dihadiri hampir satu juta relawan SRI-bentukan Menteri Pertanian Amran Sulaiman itu, juga dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Jalan santai bersama Jokowi ini start dari depan Rujab Gubernur Sulsel pukul 06.00 Wita, kemudian menyusuri Jalan Pantai Losari dan Finish di Lapangan Karebosi. Jokowi bersama rombongan tiba di garis finish sekitar Pukul 7.15 WITA.

Menariknya, jalan santai ini dihadiri ratusan pejabat di antaranya Gubernur-Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah Indar Parawansa–Emil Dardak, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Sulawesi Selatan terpilih Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman.

Amran Panaskan Mesin Jokowi di Makassar, "Lautan" Manusia di Jalan Santai SRI 1

Selain Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Menteri Sosial Idrus Marham, hadir juga dan 17 gubernur se-Indonesia Timur dan 200 bupati dan walikota se-Indonesia Timur.

Menteri Pertanian Amran Sulaiman selaku Penasehat SRI mengatakan, hampir empat tahun menjabat, Presiden Jokowi telah berhasil mencetak sejarah dalam pembangunan ekonomi. Salah satunya, tingkat kemiskinan turun satu digit.

Whatsapp Image 2018 07 29 At 21.22.57

“Seluruh sahabat, Presiden Jokowi kita luar biasa, presiden yang merakyat, sederhana, jujur dan tidak kalah pentingnya dalam sejarah tingkat kemiskinan turun satu digit. Terendah sejak 1998,” kata Amran dengan suara yang lantang kepada seluruh peserta jalan sehat di Lapangan Karebosi.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Maret 2018, jumlah penduduk miskin di Indonesia sebanyak 9,82 persen turun 0,30 persen dibanding September 2017 yang sebesar 10,12 persen.

Jumlah penduduk miskin pada Maret 2018 sebanyak 25,95 juta orang. Jumlah ini turun 630.000 orang dibandingkan September 2017 yang sebesar 26,58 juta orang.

“Infrastruktur dibangun dari Sabang sampai Merauke bahkan sudah dinikmati saudara kita di Papua sepanjang 3000 kilometer. Di Sulsel tiga bendungan selesai dibangun, irigasi 3 juta hektar selesai dalam 3 tahun, dan terakhir khusus sektor pertanian, kebetulan kami ditakdirkan jadi Menteri Pertanian, ekspor naik 24 persen, setara Rp440 Triliun. Ini berkat hasil kerja keras kita semua. Kerja keras bapak-ibu bupati dan gubernur semuanya. Kami hanya menghadirkan anggaran dan program yang nyata bagi pembangunan dan kesejahteraan rakyat,” tutur Amran.

Menurut Amran, selama menjabat, Presiden Jokowi telah melakukan kunjungan ke Makassar, Sulawesi Selatan sebanyak 10 kali. Ini menunjukan kepedulian terhadap pembangunan di Sulawesi Selatan dan Indonesia Timur sangat tinggi.

“Terima kasih Pak Jokowi khususnya dari warga Indonesia Timur. Pak Jokowi menaruh perhatian yang sangat tinggi untuk Indonesia Timur. Kita harus bangga punya Presiden Jokowi,” ucap Amran disambut tepuk tangan peserta yang memadati lapangan karebosi.

Mendapat sambutan sebanyak itu, Jokowi mengimbau agar masyarakat yang tinggal di kawasan Timur Indonesia mampu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, terutama di era Pilkada semacam ini.

“Aset besar bangsa kita ini persatuan, kerukunan dan persaudaraan. Saya titip setelah pilkada di 187 wilayah, sekali lagi saya titip jangan sampai karena pilihan bupati dan gubernur kita retak. Tidak boleh,” pinta Jokowi.

Untuk itu, Jokowi mengajak seluruh masyarakat dari Sabang sampai Merauke untuk menjaga persatuan dan persaudaraan sesama anak bangsa,

“Untuk masyarakat yang tinggal di Jakarta, Sulawesi mari kita jaga bersama-sama aset besar bangsa Indonesia untuk persatuan dan persaudaraan,” pinta Jokowi lagi.

Sementara itu, Ketua Umum Sahabat Rakyat Indonesia, Sukriansyah S Latief mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat Makassar dan Sulsel yang telah ikut berpartisipasi dalam jalan sehat ini.

“Ini membuktikan bahwa magnet Bapak Presiden Jokowi sangat kuat di Makassar dan Kawasan Indonesia Timur,” singkat pria yang akrab disapa Uki ini.

Editor: Hendra Wijaya

Rekomendasi Berita

Baca Juga