Arab Saudi Luncurkan Slogan Haji Tahun 2018

121
  • 1
    Share
D5d6ac4f 35a7 41b6 Bd77 E0357e92930e

SULSELSATU.com – Pemerintah Kerajaan Arab Saudi terus menggeber sejumlah program baru yang berkaitan dengan Visi Kerajaan 2030. Salah satunya lewat Kementerian Informasi Kerajaan Arab Saudi dengan meluncurkan slogan Haji 1439 Hijriah yakni “the World in the Heart of the Kingdom”.

Slogan haji tahun 2018 ini bermakna ‘dunia di jantung kerajaan’ dan log berbentuk sederhana yang mencerminkan ritual ibadah haji.

Dalam keterangannya Juru Bicara kementerian Informasi dan Direktur Jendeeral Pusat Komunikasi Pemerintah Dr Abdullah bin Ahmed Al-Mughlout menyatakan slogan haji tahun 2018 menjadi identitas baru dan juga bagian dair rencana strategis media yang komprehensif.

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi pada Sabtu (28/7) telah menyiapkan berbagai fasilitas dengan teknologi yang paling mutakhir guna menyambut jamaah haji dari seluruh dunia yang jumlahnya tahun ini mencapai tiga juta jiwa dan menjadikan setiap proses ibadah haji mereka dapat berjalan seaman dan senyaman mungkin.

Abdullah mengatakan persiapan tersebut merupakan tanggung jawab besar Kerajaan Arab Saudi yang harus dipenuhi bagi seluruh umat Islam di berbagai belahan dunia.

Slogan dan identitas baru Haji 1439 Hijriyah tersebut juga disertai dengan logo yang berbentuk sederhana namun sarat akan makna karena mencerminkan beberapa ritual haji.

Logo tersebut menampilkan sebuah bentuk persegi hitam yang menggambarkan ka’bah. Logo ini juga menampilkan kiblat (arah sholat) dan tercermin dalam rotasi logo yang mirip dengan rotasi kompas. Garis-garis melingkar dan bentuk persegi, serta sentralitas situs Mekkah, tercermin dari gambar komprehensif logo yang menunjukkan bahwa Mekkah di jantung dunia.

Sementara tanah di lengkungan bagian atas, yang mirip dengan sinyal penerimaan jaringan komunikasi, serta pohon kurma yang merupakan salah satu lambang Kerajaan mencerminkan aspek medis dan budaya Kerajaan muncul pada garis lengkung logo.

Menurut Abdullah dalama keterangan kepada Antara di Jakarta, identitas baru tersebut salah satu gagasan dari Kementerian Informasi dalam rencana haji.

Logo tersebut terinspirasi dari semangat dari jamaah haji seluruh dunia yang datang ke Tanah Suci.

Dia menambahkan bahwa logo yang menggambarkan ritual suci haji dirancang oleh sekelompok anak muda Saudi yang kreatif.

Identitas baru haji tersebut akan digunakan pada platform digital dan situs dalam jaringan, di surat kabar dan media, dan disebarluaskan melalui pesan media, video, publikasi dan berbagai media lainnya.

Editor : Agung Hidayat