OJK Himbau Masyarakat Hati-hati Memilih Fintech

27
  • 2
    Shares
Ilustrasi. (INT)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Perusahaan Financial Technology (Fintech) semakin banyak bermunculan di masyarakat. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau agar masyarakat berhati-hati memilih fintech dalam melakukan transaksi.

Kepala OJK Regional 6 Sulampua, Zulmi mengatakan jika saat ini fintech sudah menjamur dengan menyediakan berbagai bentuk pelayanan.

“Dengan keadaan ini, demi perlindungan kepada konsumen, OJK menghimbau agar memilih fintech yang sudah terdaftar. Hal ini agar dapat meminimalisir masalah yang akan timbul,” kata Zulmi, Senin (30/7/2018).

Zulmi menyebutkan jika saat ini sebanyak 227 fintech yang memberikan penawaran kegiatan penyelenggara layanan pinjam meminjam uang berbasis teknologi informasi (fintech peer to peer lending) yang tidak memiliki izin dari OJK.

Ia juga menjelaskan jika ada fintech yang bergerak di bidang jasa pembayaran, memberikan pinjaman uang, dan ada juga di bidang asuransi. Bahkan, kata Zulmi ada juga fintech yang khusus untuk mencari data saja untuk perusahaan fintech lainnya.

“Masyarakat bisa memilih fintech yang telah terdaftar di OJK. Sehingga masyarakat ini tidak jadi objek penipuan beberapa oknum,” tambah Zulmi.

Data yang dihimpun OJK, hingga Juni 2018 terdapat 63 perusahaan fintech yang telah terdaftar. Agar lebih aman, kata Zulmi, masyarakat bisa melakukan transaksi di perusahaan yang sudah terdaftar.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Awang Darmawan

OJK Himbau Masyarakat Hati-hati Memilih Fintech 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga