Pertamini Menjamur, Pertamina Akan Lakukan Ini

  • 2
    Shares
FOTO: Pertamini Menjamur di Makassar (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – PT Pertamina MOR VII menganggap Pertamini yang tersedia di pinggir-pinggir jalan adalah ilegal.

Unit Manager Communication & CSR MOR VII, M. Roby Hervindo mengatakan, Pertamina hanya bisa menegur atau mengingatkan masyarakat bahwa Pertamini tidak memiliki izin dari Pertamina.

“Tidak ada hubungan kerjasama maupun perizinan dari Pertamina kepada Pertamini. Pertamini tidak memiliki izin ataupun penugasan dari Pemerintah,” kata Roby, Senin (30/7/2018).

Roby menjelaskan, Pertamina telah mendapat penugasan dari pemerintah sebagai terminal bahan bakar minyak (BBM), depot, penyalur adalah tempat penimbunan, dan penyaluran BBM.

Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), kata Roby, sudah menyatakan bahwa pertamini itu ilegal, karena tidak ada dasar hukumnya.

“Modus pembelian BBM untuk pertamini yang kami endus adalah dengan menggunakan kendaraan yang dimodifikasi tangkinya. Ataupun dengan pembelian berulang. Namun, Pertamina bukan sebagai penegak, tapi hanya bisa menegur atau mengingatkan,” pungkas Roby.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Hendra Wijaya