“Hebatnya” Anak Jen Tang; Mangkir Dipanggil Kejati, Tapi Bisa Foto Bareng Jokowi

90
  • 2
    Shares
Anak Jentang

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anak kandung tersangka kasus korupsi penyewaan lahan Soedirjo Aliman alias Jen Tang, Eddy Aliman kembali memicu kontroversi. Ia tiba-tiba muncul ke publik dan berfoto dengan Presiden RI Joko Widodo yang baru-baru ini berkunjung ke Makassar.

Padahal sebelumnya, Eddy berulangkali dipanggil penyidik Kejati Sulsel untuk diperiksa sebagai saksi atas kasus yang menjerat ayahnya. Namun, tiga kali dipanggil, tiga kali pula ia mangkir.

Berdasarkan Pasal 112 ayat (2) KUHAP, seorang saksi yang tiga kali mangkir seharusnya bisa dijemput paksa. Akan tetapi, Eddy tampaknya terlalu “hebat” untuk mendapatkan perlakuan seperti itu dari Kejati Sulselbar.

Penggiat anti korupsi, Abdul Muthalib pun menyoroti sikap Kejati yang dinilai setengah hati menuntaskan kasus yang menjerat Jen Tang ini. Ia pun mengaku telah mendesak penyidik Kejati Sulsel agar menjemput paksa Eddy Aliman

Namun, tuntutan itu diabaikan dan hingga sejauh ini belum juga dilakukan.

Menanggapi hal itu, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulsel, Tarmizi di hadapan rombongan Komisi III DPR RI berjanji akan menuntaskan kasus Jen Tang. Terkait foto Eddy bersama Jokowi, menurut Tarmizi, tindakan berfoto merupakan hal yang wajar.

“Tentunya banyak strategi yang akan kami lakukan. Tentunya semua saya evaluasi. Mengapa orang berfoto kan bebas. Kebohongan saya rasa tidak ada. Yakinlah proses ini akan berakhir di pengadilan sepanjang saya Kajati di sini,” kata Tarmizi, Senin (30/7/2018).

Jen Tang yang telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus yang mengakibatkan kerugian negara Rp 500 juta hingga kini memang masih dalam status buron. Kejati seolah tak mampu menyeret Jen Tang ke meja hijau untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.

Informasi terkahir, Jen Tang diketahui tengah berada di Singapura. Tarmizi pun mengaku sudah memerintahkan bidang intelijen kejaksaan untuk memback-up penuh jaksa penyidik.
Pengoptimalan ini dilakukan agar bisa menuntaskan kasus tersebut.

Eddy sebenarnya disebut-sebut mengetahui keberadaan Jen Tang yang sudah beberapa bulan menjadi buron. Akan tetapi, Kejati seolah tak berdaya membawa Eddy untuk diperiksa.

Bahkan, penyidik Kejati sempat kecolongan dengan ulah Eddy yang memberi alamat palsu saat akan diperiksa. Hingga akhirnya, Eddy muncul ke publik dan berfoto bersama dengan Jokowi.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Awang Darmawan

"Hebatnya" Anak Jen Tang; Mangkir Dipanggil Kejati, Tapi Bisa Foto Bareng Jokowi 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga