Sumarsono: Birokrasi Itu Mesti Loyal pada Gubernur

58
Img 20180730 Wa0019 (1)
Pelantikan pejabat Eselon III dan IV oleh Pj Gubernur Sulsel Sumarsono. (IST)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pj Gubernur Sulsel, Sumarsono menyebut persoalan birokrasi merupakan loyalitas bagi para pejabat terhadap gubernurnya.

Karena itu, ia mengaku sepakat dengan Gubernur Sulsel terpilih, Nurdin Abdullah (NA), bahwa penggantian jabatan bukan sebuah solusi. Sumarsono yang disapa Soni ini menyebut NA sebagai orang yang sangat hati-hati dalam dalam memutar birokrasi.

“Birokrasi itu semua loyal pada gubernur. Ketika gubernurnya Pak Syahrul semua loyal ke Pak Syahrul. Ketika Pak Soni semua ke saya, begitu juga dengan Pak NA. Nah itu yang saya tekankan. Bahwa birokrasi bukanlah partai politik, nda ada partai di birokrasi, semua adalah profesional,” paparnya.

Soni sendiri mengakui bahwa saat ini ia dan NA mulai membahas soal pergantian sekda dan lelang jabatan untuk Eselon II.

Namun pengisian jabatan akan dilakukan enam bulan setelah gubernur terpilih dilantik. Artinya, NA baru bisa melantik pada bulan Maret 2019 mendatang.

“Saya kira semua gubernur dan bupati/wali kota, tidak berani melanggar karena beberapa bupati diberhentikan oleh Mendagri karena melakukan pelantikan tanpa izin. Saya kira ini konsekuensi yang harus diterima dan tidak ada yang berani. Pasti akan izin ke Mendagri,” tegasnya.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga