Ini Kronologi Penangkapan Terduga Teroris di Riau

25
  • 1
    Share
Densus 88
Densus 88 (INT)
Ini Kronologi Penangkapan Terduga Teroris di Riau 1

SULSELSATU.com – Tim Detasemen Khusus 88 Antiterorisme Mabes Polri berhasil mengamankan enam orang terduga teroris dari kelompok Jamaah Ansharut Daulah (JAD) Provinsi Riau.

“Kami telah melakukan operasi senyap di Provinsi Riau dan mengamankan sedikitnya beberapa orang anggota teroris JAD pada Jumat malam, 27 Juli 2018 kemarin,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Polri Brigjen Pol Mohammad Iqbal kepada wartawan, seperti dikutip dari laman Kriminologi.id, Minggu (29/7/2018).

Dari lima orang tersebut ada dua orang pemain lama yang telah dipantau oleh pihak Polri. Dua orang itu bernisial AHD dan NSR.

“Nah dua orang ini AHD dan NSR pemain lama ini. Mereka merupakan anggota jaringan teroris JAD Riau. Pergerakan keduanya pun sudah lama kita pantau,” kata Iqbal.

Menurut Iqbal selain dua orang itu masih ada tiga orang lain dari ranting JAD Riau yang ditangkap. Ketiga orang itu ada RH MPA, dan RSL. Namun ketiga orang ini beraviliasi dengan kelompok Artanto alias Abdurrahman dan Hengki Satriya alias Abu Rafiq yang sebelumnya telah tertangkap di Sumatera Selatan.

“Tapi tiga orang ini anggota JAD di tempat lain juga. Jadi RSL, RH dan MPA merupakan jaringan kelompok yang tertangkap di Sumatera Selatan,” kata Iqbal.

Kepada wartawan, M. Iqbal menjelaskan kronologi penangkapan lima orang anggota JAD ini. Bermula dari ditangkapnya pria berinisial AHD di parkiran PT PLN Rayon Simpang Tiga, Kelurahan Maharatu, Kecamatan Marpoyan Damai, Pekanbaru pada pukul 07.15 WIB.

“Dari situ Densus bergerak ke Jalan Hang Tuah, Kelurahan Sail, Kecamatan Lima Puluh, Pekanbaru untuk menangkap NSR pada pukul 07.50 WIB,” ujar M. Iqbal.

Dia mengatakan pengejaran tersebut masih berlangsung sampai siang hari sekira pukul 12.15 WIB. Hasilnya, tim Densus menangkap terduga teroris RSL di Jalan Daru-daru III RT 04 RW 10 Kelurahan Pematang Kapau, Kecamatan Tanayan Raya, Pekanbaru.

“Selang beberapa menit kemudian pada Pukul 12.17. Tim Densus kembali menciduk RH di dekat MTDA Al Huda Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru,” ucap M. Iqbal.

Pihak terakhir yang diamankan adalah MPA. MPA berhasil di ringkus di Pasar Bawah, Pekanbaru pada pukul 12.26 WIB.

“Kelima orang ini masih diperiksa secara intensif untuk menanyakan rekam jejak dan informasi lainnya,” tutup M. Iqbal.

Editor : Agung Hidayat

Iklan stie Amkop

Rekomendasi Berita

Baca Juga