Ini Penyebab Meninggalnya Pendaki Asal Makassar di Rinjani

146
  • 11
    Shares
Sejumlah pendaki di Gunung Rinjani, Lombok, Nusa Tenggara Barat. (Sulselsatu/Kink Kusuma Rein)

SULSELSATU.com, LOMBOK – Seorang pendaki Gunung Rinjani asal Makassar tewas saat gempa mengguncang Lombok Timur, NTB. Korban bernama Muhamad Ainul Taksim tewas tertimbun reruntuhan longsor akibat gempa.

“Penyebab meninggal karena luka-luka saat turun. Dia terjatuh dan tertimbun bebatuan longsor Gunung Rinjani,” kata Kepala Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) Sudiyono, Senin (30/7).

Sudioyo mengungkapkan, pasukan gabungan TNI, Polri, dan Basarnas sedang berupaya mengevakuasi jenazah korban yang masih berada di Gunung Rinjani.

“Saat ini sedang diupayakan evakuasi jenazah,” sambungnya.

Sedikitnya 156 personel gabungan terus berupaya mengevakuasi 560 pendaki yang masih terjebak di Gunung Rinjani. Selain itu, 140 prajurit Kopassus juga dikerahkan untuk mempercepat evakuasi.

Gunung Rinjani merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan tinggi 3.726 mdpl. Gunung ini merupakan favorit pendaki karena alamnya yang indah.

Gempa bumi berkekuatan 6,4 magnitudo mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (29/7) pukul 05.47 waktu setempat. Gempa tersebut menyebabkan 14 orang meninggal dunia, 162 jiwa terluka, dan ribuan bangunan rusak.

Editor : Agung Hidayat

Ini Penyebab Meninggalnya Pendaki Asal Makassar di Rinjani 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga