Minimalisir Waktu Perhitungan, KPU Barru Akan Tambah Jumlah TPS

53
  • 1
    Share
Ilustrasi Tps
Ilustrasi. (Int)
Minimalisir Waktu Perhitungan, KPU Barru Akan Tambah Jumlah TPS 1

SULSELSATU.com, BARRU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barru memastikan, jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Barru akan bertambah pada Pemilihan Umum 2019 mendatang.

“Untuk di Kabupaten Barru jumlah TPS pada tahun 2018 sebanyak 423 TPS dengan maksimal jumlah pemilih 600 orang. Namun untuk Pemilu 2019 nanti itu bertambah sebanyak 541 TPS dengan pengurangan jumlah pemilih paling maksimal 300 pemilih per TPS,” kata Ketua KPU Barru Sarifuddin H. Ukkas, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (30/7/2018).

Aturan mengenai jumlah pemilih per TPS sendiri diatur dalam Pasal 350 Ayat 1 Undang-Undang 7/2017, yakni pemilih untuk setiap TPS paling banyak 500 orang.

“KPU Pusat telah mencoba simulasi ternyata kalau 500 pemilih di satu TPS ada kemungkinan melampaui batas waktu, sehingga hal inilah dikerucutkan menjadi maksimal 300 pemilih per TPS,” lanjut dia

Penambahan TPS ini juga kata dia, untuk mengantisipasi adanya penambahan waktu yang terlalu lama ketika proses perhitungan suara.

“Pengurangan jumlah pemilih dengan adanya penambahan TPS menjadi solusi realistis untuk menekan waktu penghitungan hasil Pemilu. Jika jumlah maksimal tidak dikurangi, hasil pemungutan suara Pemilu 2019 di satu TPS berpotensi selesai dalam waktu lebih dari sehari,” ucapnya.

Penulis: Asriadi Rijal
Editor: Hendra Wijaya

Iklan stie Amkop

Rekomendasi Berita

Baca Juga