Kata Iqbal Parewangi, Parlemen Swedia Unggulkan Energi Angin di Jeneponto

117
  • 26
    Shares
Img 20180730 132732
Anggota DPD RI asal Sulawesi Selatan, Iqbal Parewangi. (Sulselsatu/Dedi)

SULSELSATU.com, JENEPONTO – Salah satu Anggota Parlemen di Swedia mengakui bahwa potensi energi angin terbaik yang dimiliki Indonesia ada di Kabupaten Jeneponto.

Hal ini disampaikan Anggota DPD RI Am.Iqbal Parewangi di Balla Kopi Turatea, Senin (30/7/2018) usai menggelar sosialisasi 4 Pilar MPR di Gedung Sipitangarri.

Swedia yang merupakan negara terluas ketiga di Uni Eropa kalah bagus anginya dari Jeneponto. Fakta mengejutkan terkait keunggulan angin untuk dijadikan energi listrik, ketika pihaknya memimpin rombongan Badan Kerja Sama Antar Parlemen dan berkunjung ke Sewdia.

“Fakta yang kami dapatkan saat kunjungan ke Swedia, Parlemen Swdia menyebut bahwa ada satu daerah di Indonesia memiliki sumber energi anginya terbaik daripada Swedia dan dia sebut nama Jeneponto,” katanya.

Dengan ke unggulan angin terbaik yang dimiliki Jeneponto, Iqbal menyebutkan bahwa tidak diragukan lagi bahwa potensi Jeneponto itu diakui oleh luar negeri. Namun sayangnya, Jeneponto masih tertinggal di Sulsel.

“Namun di sisi lain, regulasi menempatkan Jeneponto sebagai daearah tertinggal, satu satunya di Sulsel adalah Jeneponto. Tapi saya rasa stigma Jeneponto tettinggal akan terlepas dalam waltu dekat ini,” ujarnya.

Diketahui, PT. Energi Bayu Jeneponto sedang membangun 20 turbin Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) yang terbagi di Tiga Kecamatan di Jeneponto.

Penulis: Dedi
Editor: Hendra Wijaya