Perang Bintang Tiga Dapil di Sulsel Menuju Senayan

266
  • 11
    Shares
NasDem Sulsel sambut kedatangan SYL (Sulselsatu/Moh Niaz Sharief)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Perebutan kursi di Senayan pada 2019 mendatang cukup ketat, khusus di Sulsel KPU membagi tiga daerah pemilihan.

Dapil Sulsel 1 meliputi Kota Makassar, Kabupaten Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Selayar.

Dapil Sulsel 2 meliputi, Kabupaten Sinjai, Bone, Maros, Bulukumba, Pangkep, Barru, Soppeng, Wajo, dan Kota Parepare.

Sementara Dapil Sulsel 3 meliputi Kabupaten Sidrap, Enrekang, Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Tana Toraja, Toraja Utara, Pinrang, dan Kota Palopo.

Khusus di Dapil Sulsel 1, tercatat ada nama Tenri Olle Yasin Limpo, berikutnya, Thita Chunda Indira SYL, ada juga Anggota DPD RI dua periode, Bahar Ngitung.

Selain itu, Ketua Gerindra Sulsel, Idris Manggabarani, Azikin Solthan, Aliyah Mustika Ilham, Indira Yusuf Ismail, Ashabul Kahfi.

Sementara di Dapil Sulsel 2, ada nama mantan Gubernur Sulsel dua periode Syahrul Yasin Limpo, mantan anggota DPD RI tiga periode Aziz Qahhar Mudzakkar, anggota DPR RI petahana Akbar Faizal, Andi Iwan Darmawan Aras dan mantan Bupati Sinjai dua periode Rudianto Asapa.

Selanjutnya, Andi Rio Padjalangi, Andi Yagkin Padjalangi, Supriansa, Nasyit Umar, Wawan Mattaliu, Andi Irwan Patawari.

Khusus di Dapil Sulsel 3, ada nama mantan Wagub Sulsel dua periode Agus Arifin Nu’mang, Ketua DPW NasDem Sulsel Rusdi Masse, Luthfy A Mutti, Latinro Latunrung, Felycitas Rudianto Asapa.

Pengamat Politik Unhas, Andi Ali Armunanto mengatakan, untuk para tokoh-tokoh bintang yang berlaga di Pileg nantinya ini punya peluang yang sama untuk bersaing dengan para incumbent di Senayan.

“Hampir semua dapil persaingannya cukup ketat karena masing-masing di situ ada bintang, di situ ada incumbent. Saya pikir dengan kehadiran SYL di dapil 2 ini akan memperketat pertarungan,” ungkap Ali, Selasa (31/7/2018).

“Kemampuan mempengaruhi dari tokoh-tokoh populer ini tentu berbeda. Di dapil 2 ada SYL dengan kapasitasnya. Dapil tiga ada Ketua NasDem Sulsel Rusdi Masse punya gaya yang berbeda. Tentu yang sangat berpengaruh bagaimana ia memaksimalkan gaya-gaya berpolitik mereka dan bisa dipakai sebagai alat untuk mempengaruhi orang agar memilih mereka di TPS,” tuturnya.

Penulis: Asrul
Editor:Hendra Wijaya

Rekomendasi Berita

Baca Juga