Waspada Investasi Bodong, Jangan Mudah Percaya dengan Imbal Hasil Tinggi

Ilustrasi. (INT)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Investasi bodong kembali bermunculan. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta masyarakat berhati-hati dalam melakukan investasi. Jangan mudah percaya dengan iming-iming hasil tinggi.

Satuan Tugas Penanganan Dugaan Tindakan Melawan Hukum di Bidang Penghimpunan Dana Masyarakat dan Pengelolaan Investasi atau Satgas Waspada Investasi kembali merilis penawaran produk atau kegiatan usaha yang tidak memiliki izin usaha pemasaran produk dan penawaran investasi.

Satgas Waspada Investasi merilis 20 entitas investasi bodong yang dapat merugikan masyarakat karena iming bagi hasil yang tinggi.

Kepala OJK Regional 6 Sulampua, Zulmi menghimbau masyarakat agar tidak mudah percaya berinvestasi dengan iming-iming untung besar.

“Masyarakat juga harus berhati-hati dan selektif memilih tempat berinvestasi agar uangnya bisa kembali. Jika ada yang menawarkan investasi dengan iming-iming imbal hasil yang tinggi patut dicurigai,” kata Zulmi, Selasa (31/7/2018).

Zulmi mengatakan agar masyarakat bisa mempertimbangkan risiko yang mungkin timbul, dan tidak hanya melihat imbal hasil yang tinggi. Selain itu, harus menganalisis apakah perusahaannya terdaftar di OJK atau tidak.

Rilis Satgas Waspada Investasi ini dilakukan agar masyarakat bisa memperhatikan dan lebih hati-hati lagi.

Ketua Satgas Waspada Investasi, Tongam L. Tobing, mengatakan entitas yang mendominasi adalah perusahaan multi level marketing (MLM) yang kebanyakan berada di luar Jakarta.

“Bantuan masyarakat sangat dibutuhkan. Jangan sampai terlibat menjadi peserta dalam entitas tersebut, dan apabila mendapat imbal investasi besar yang tidak masuk akal agar segera dilaporkan,” tambahnya.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Awang Darmawan