Iqbal Parewangi Dukung Sikap MK Somasi OSO

122
  • 80
    Shares
Img 20180730 132732
Anggota DPD RI asal Sulawesi Selatan, Iqbal Parewangi. (Sulselsatu/Dedi)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Anggota DPD RI asal Sulawesi Selatan, Iqbal Parewangi mendukung sikap Mahkamah Konstitusi (MK) melayangkan somasi terhadap Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (OSO) terkait pernyataannya di sebuah talk show televisi swasta nasional.

Menurut Iqbal, wajar saja jika pernyataan seperti itu membuat MK dan hakim konstitusi bahkan mungkin masyarakat sadar hukum tersinggung.

“Sebagai seorang senator, saya berpandangan bahwa tidak boleh kepentingan politik membutakan kesadaran hukum maupun rasionalitas berkonstitusi kita. Apalagi sampai menghina pihak lain,” katanya, Selasa (23/7/2018).

Senator yang dikenal dengan tagline “Berkinerja, Bersih, Istiqomah” itu menjelaskan, prinsip “rasionalitas politik berbasis hukum” harus dikedepankan. Jangan sebaliknya.

“Kepentingan politik itu sah-sah saja. Tapi jangan kepentingan itu berubah menjadi kempitan terhadap kesadaran, rasionalitas dan moralitas berpolitik kita,” tegas Iqbal.

MK sendiri tegas menyatakan bahwa pernyataan OSO di talk show itu sebuah penghianaan.

“MK telah menyampaikan somasi kepada yang bersangkutan pada hari ini, Selasa 31 Juli 2018,” tulis siaran pers MK yang diterima sulselsatu.com.

Menurut MK, pernyataan OSO merendahkan kehormatan, harkat dan martabat hakim konstitusi.

“Langkah tersebut diambil oleh Mahkamah Konstitusi, setelah mendengarkan rekaman program acara tersebut secara utuh, dan Mahkamah Konstitusi berkesimpulan bahwa perbuatan Pak Oesman Sapta Odang dapat dikategorikan sebagai perbuatan penghinaan, merendahkan kehormatan, harkat, martabat, serta kewibawaan Mahkamah Konstitusi, dan para Hakim Konstitusi,” ungkapnya.

Acara talk show itu sendiri ditayangkan di salah satu TV swasta pada 26 Juli. Dalam acara itu, menurut MK, OSO mengeluarkan pernyataan bertendensi negatif. Salah satu kalimat yang dilontarkan ialah: ‘MK itu goblok’.

Penulis: Asrul
Editor: Awang Darmawan

Rekomendasi Berita

Baca Juga