Cegah Rabies Mematikan, DP3 Palopo Beri Vaksin ke Hewan Peliharaan Warga

37
Img 20180730 Wa0070
Pemberian vaksin rabies kepada anjing peliharaan warga di Kelurahan Boting, oleh Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan Kota Palopo, Senin (30/7/2018). (Ist)

SULSELSATU.com, PALOPO – Dinas Pertanian Peternakan dan Perkebunan (DP3) Kota Palopo, memberikan vaksin rabies kepada puluhan anjing peliharaan warga di Kelurahan Boting, Senin (30/7/2018).

Pemberian vaksin ini dilakukan untuk mencegah penyakit rabies yang dapat menulari manusia melalui gigitan.

Hanya saja, ada sebagian warga enggan melakukan vaksin terhadap anjing peliharaan mereka. Warga beranggapan, vaksin yang diberikan DP3 Palopo dapat membunuh hewan peliharaan mereka.

“Ini pernah terjadi. Untuk menekan angka penyakit rabies, pemerintah terpaksa menyuntik mati anjing liar. Tapi, itu terjadi berpuluh tahun lalu. Sekarang, hal tersebut sudah tidak diperbolehkan lagi oleh pemerintah,” kata Kepala Bidang Kesehatan Hewan DP3 Kota Palopo, Burhanuddin.

Kendati banyak warga yang menolak, tapi tidak sedikit pula warga sukarela menyerahkan hewan peliharaannya untuk divaksin. Warga menganggap pengendaliaan rabies dengan membunuh anjing sudah tidak diberlakukan lagi.

“Tapi banyak juga warga yang langsung menyerahkan anjing peliharaan mereka untuk divaksin. Mereka sadar bahaya penyakit rabies. Sudah banyak contoh kasus orang terkena penyakit rabies dikarenakan gigitan anjing gila. Dan itu sangat berbahaya,” ujarnya.

Menurutnya, Indonesia masih belum bebas dari penyakit rabies. Masih banyak warga yang mati karena penyakit yang menular melalui gigitan hewan itu.

Makanya, pihaknya berharap, warga yang enggan anjing mereka divaksin untuk segera membawa hewan peliharaan mereka ke DP3 Palopo.

“Ini adalah program pemerintah pusat agar Indonesia terbebas dari penyakit rabies. Untuk Kota Palopo sendiri, masih rawan dengan peyakit rabies,” pungkasya.

Penulis: Herianto
Editor: Hendra Wijaya

Cegah Rabies Mematikan, DP3 Palopo Beri Vaksin ke Hewan Peliharaan Warga 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga