Rutin Makan Ikan, Ini 7 Khasiatnya untuk Kesehatan

62
  • 3
    Shares
Ikan 1
Ilustrasi (int)

SULSELSATU.com – Sebagai negara maritime dimana sebagian besar wilayahnya adalah lautan maka tidak heran jika konsumsi ikan masyarakat Indonesia juga cukup tinggi. baik ikan laut maupun ikan tawar memiliki manfaatnya masing-masing bagi tubuh. namun saat ini masih banyak masyarakat yang menganggap ikan adalah makanan biasa dan lebih memilih daging karena dianggap lebih bergizi dibandingkan ikan. Anggapan tersebut tentu saja sangat keliru, meskipun harganya lebih murah daripada daging baik ikan laut maupun tawar keduanya memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi bahkan melebihi gizi yang ada di daging.

Ikan mengandung tinggi protein dan rendah kalori sehingga aman dan sehat dikonsumsi setiap hari. Kandungan lainnya yang ada di dalam ikan adalah asam lemak omega 3 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. untuk mendapatkan ikan sangat mudah karena bisa mencarinya sendiri dengan memancing atau membelinya di pasar. Ada banyak jenis ikan yang bisa anda konsumsi sesuai dengan selera dan budget masing-masing.

1. Manfaat makan ikan

Jangan takut jika anda makan ikan setiap hari karena tidak akan membahayakan anda justru membuat anda semakin sehat. kandungan gizi yang ada di dalam ikan cukup lengkap mulai dari protein, mineral, berbagai vitamin tergatung pada jenis ikannya masing-masing. anda bisa mengolah ikan dengan resep masakan sesuai selera anda menjadi makanan yang lezat menggugah selera. Berikut ini adalah manfaat makan ikan yang akan didapatkan oleh tubuh yang perlu anda ketahui.

2. Mencegah penyakit jantung

Menurut penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dengan sampel sebanyak 140 orang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ikan lebih sedikit akan mengalami resiko penyakit jantung lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang mengonsumsi banyak ikan atau setiap hari makan ikan. Para ahli menyarankan untuk setidaknya satu kali dalam seminggu mengonsumsi ikan. Mengonsumsi ikan yang mengandung omega 3 mampu menurunkan tingkat lemak dalam darah. selain itu juga mampu menurunkan kolesterol sehingga peredaran darah lancar dan menghindarkan tubuh dari serangan penyakit jantung dan tekanan darah tinggi.

3. Menyehatkan tulang

Untuk menjaga kesehatan tulang supaya tetap sehat dan kuat, tulang membutuhkan asupan vitamin D dan fosfor yang cukup. hal ini dikarenakan tulang terbentuk dari fosfor dan vitamin D. ikan merupakan salah satu sumber vitamin D yang sangat baik bagi tubuh. selain itu untuk mendapatkan ikan tentu saja mudah bukan jadi jika anda tidak suka minum susu atau berjemur di bawah matahari saat pagi hari maka pilihan terbaik adalah dengan mengonsumsi ikan.

4. Mencegah depresi pasca melahirkan

Seringkali wanita mengalami depresi dan stress setelah melahirkan. Ini adalah hal biasa yang dikarenakan faktor psikologis wanita yang melahirkan. Untuk mengantisipasi hal ini terjadi tentu saja dokter biasanya akan memberikan obat tenang pada wanita tersebut namun anda juga bisa memaksimalkannya dengan mengonsumsi ikan. Salah satu jenis asam lemak omega 3 yaitu DHA memiliki peranan penting untuk hal ini. apalagi untuk ibu yang baru saja melahirkan sebaiknya tidak banyak minum obat atau suplemen melainkan mendapatkannya dari makanna secara langsung. Ikan adalah pilihan tepat untuk mengatasi depresi pasca melahirkan.

5. Menyehatkan kulit dan rambut

Mungkin anda pernah mengalami masalah kulit kering dan rambut kusam apalagi jika anda sedang menjalankan diet lemak. Asam lemak omega 3 yang alami dari ikan mampu membantu masalah kulit dan rambut dan menyehatkannya. Hal ini juga didukung oleh penelitian yang sudah dilakukan dimana hasilnya cukup mengejutkan yaitu asam omega 3 mampu memperbaiki kondisi kulit yang terdapat di dalam penderita psoriaris.

6. Mencegah penyakit kardiovaskular

Penyakit kardiovaskular merupakan penyakit yang terjadi karena adanya penyumbatan pembuluh darah arteri. Biasanya penyumbatan ini dapat dikarenakan adanya penggumapalan darah atau menumpuknya lemak darah atau karena kolesterol. Jika terjadi gangguan kardiovaskular maka dapat menyebabkan gangguan kesehatan serius lainnya misalnya saja penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi dan juga fatalnya mampu menyebabkan kematian.

Karena seriusnya penyakit ini maka sebaiknya anda semua mencegah sejak dini. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya penyumbatan pembuluh darah adalah dengan mengonsumsi asam lemak sehat yang ada di dalam ikan. Ikan memiliki kandungan asam lemak baik dan juga kolesterol HDL yang sangat baik untuk kesehatan serta tidak menyebabkan penyumbatan. Konsumsilah ikan yang mengandung asam lemak sehat secara rutin minimal satu minggu sekali untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kuat.

7. Mencerdaskan otak

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari konsumsi ikan adalah mampu mencerdaskan dan menajamkan otak serta ingatan. Hal ini tidak lepas dari kandungan gizi di dalam ikan seperti protein, asam lemak omega 3 dan mineral. Oleh karena itu disarankan supaya anda mengonsumsi ikan sejak dini karena sangat banyak manfaatnya bukan hanya untuk kesehatan tubuh namun juga kesehatan mental dan kecerdasan.

Itulah tujuh manfaat makan ikan yang dapat anda peroleh bagi kesehatan tubuh. meski manfaatnya sangat besar namun sebaiknya anda pilih jenis ikan yang aman dan tidak beracun. Kalaupun beracun anda harus membersihkannya dengan benar supaya racunnya hilang. Supaya dipehatikan untuk tidak mengonsumsi ikan yang hidup dalam lingkungan tidak sehat karena mampu membawa penyakit seperti kanker tidak jarang ikan juga mengandung merkuri karena lingkungan hidupnya. Belilahh ikan pada tempat yang higenis dan terpercaya meskipun mungkin harganya lebih mahal.

Editor: Febriansyah