OJK Dorong Pengusaha Gadai Urus Perizinan

Pangkas Perizinan Regulasi Baru Perumahan Disiapkan
Ilustrasi. (INT)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Otoritas jasa keuangan (OJK) Regional 6 Sulampua terus melakukan edukasi kepada pelaku usaha gadai swasta untuk mendaftar dan memperoleh izin.

Kepala OJK Regional 6 Sulampua, Zulmi menerangkan bahwa pihak selalu mendorong pelaku usaha gadai swasta untuk mendaftar dan memproses izin di OJK.

“Kami pernah membuka pendaftaran hingga 28 Juli 2018 kemarin tapi tidak ada yang mendaftar. Selanjutnya kami mengundang gadai swasta di Makassar dan Gowa (lokasi survei gadai swasta) ke kantor untuk mengedukasi agar mendaftarkan usaha gadainya,” jelas Zulmi, Rabu, (1/8/2018).

Melalui langkah tersebut, Zulmi menyebut jika ada dua usaha gadai yang mendaftar. Sehingga perizinannya akan diproses hingga satu tahun selanjutnya.

Setelah tanggal 28 Juli 2018 tersebut, Zulmi dan pihaknya kembali memberikan kesempatan kepada pelaku usaha gadai untuk memperoleh izin di OJK. Hal ini dimaksudkan OJK agar usaha mempunyai dasar hukum dan perlindungan konsumen.

“Kami memberikan jalan yang mudah bagi pegadaian swasta bahkan perorangan yang ingin mendaftar dan memperoleh izin dari OJK. Saat terdaftar, gadai tersebut akan mudah mendapatkan nasabah karena sudah terdaftar di OJK dan konsumen merasa dilindungi,” tambahnya.

Dan, bagi pegadaian swasta yang telah berproses, kata Zulmi, agar segera memperoleh izin dari OJK. Karena ke depannya, akan ada Undang-undang yang mengatur pegadaian.

Penulis: Sri Wahyudi Astuti
Editor: Hendra Wijaya