Menangkan Jen Tang di Kasus Lahan, PN Makassar Digeruduk LSM dan Mahasiswa

99
Demo Jen Tang

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Puluhan LSM yang berkoalisi bersama aliansi mahasiswa hari ini berunjuk rasa di Pengadilan Negeri (PN) Makassar, Rabu (1/8/2018).

Unjuk rasa tersebut dipicu oleh kebijakan pengadilan yang mengabulkan eksekusi lahan Mazda di Jalan AP Pettarani yang sebelumnya dimenangkan Soedirjo Aliman alias Jen Tang.

Koordinator aksi, Lukman pun secara terang-terangan mengecam Kemal Tampubolon selaku Ketua PN Makassar yang menganggap memberi tempat spesial pada Jen Tang.

Lukman menganggap, tidak seharusnya Jen Tang dimenangkan pada sengketa lahan jika melihat statusnya yang menjadi buron Kejaksaan Tinggi dalam kasus dugaan tipikor.

“Hebatnya, Jen Tang leluasa mengurusi kasus-kasusnya yang lain yang sementara bersengketa salah satunya sengketa lahan mazda di Jalan AP Pettarani,” kata Lukman.

Lukman juga mengkritisi sidang PK sengketa lahan tersebut dimana Jen Tang tidak pernah hadir di persidangan bisa menanh. Ironisnya, karena hasil PK tersebut, Kemal Tampubolon telah menandatangani surat eksekusi lahan itu.

“Ini membuktikan bahwa pihak tersangka betul-betul sakti alias kebal hukum,” imbuhnya.

Selanjutnya, perwakilan Humas Pengadilan Negeri Makassar, Sibali saat menemui para pendemo beralasan, PN Makassar hanya mengikuti keputusan sidang.

Ia pun mengaku tidak bisa mencampuri atau membatalkan surat eksekusi lahan karena hingga tahap Peninjauan Kembali (PK) Jen Tang selalu memenangkan gugatan sengketa lahan itu.

“Sudah kasasi hingga PK, kalau pengadilan tidak laksanakan kita yang kena teguran. Kalau perdata Jen Tang selalu menang karena dia diwakili kuasa hukum. Ada kuasa hukumnya,” kata Sibali.

Penulis: Hermawan Mappiwali
Editor: Awang Darmawan

Menangkan Jen Tang di Kasus Lahan, PN Makassar Digeruduk LSM dan Mahasiswa 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga