Pemprov Sulsel Siap Kirim Bantuan ke NTB

58
  • 5
    Shares
Gempa
Pasien di RSUD Soedjono Selong Lombok Timur dievakuasi ke halaman RS (int)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Pemprov Sulsel siap mendistribusikan sejumlah kebutuhan untuk para korban gempa bumi berkekuatan 6,4 SR yang melanda Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pj Gubernur Sulsel, Sumarsono mengatakan, pihaknya siap memberikan bantuan kepada korban gempa bumi di NTB. Hanya saja, untuk penyalurannya masih menunggu koordinasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

“Sementara waktu kita masih berkoordinasi, jadi sifatnya bantuan antara pemerintah, kalau bantuan antar Pemda dilakukan oleh BNPB, kita tunggu sinyal koordinasi dari BNPB. Selama BPBD setempat masih bisa menangani,” kata Sumarsono, Rabu (1/8/2018).

Sembari menunggu koordinasi, Sumarsono mempersilakan masyarakat untuk memberikan bantuan secara individual.

Dia mengatakan, sejauh ini Pemprov NTB masih bisa menangani masalah korban dan pengungsi gempa. Apalagi pemerintah pusat, termasuk Presiden Joko Widodo sudah turun langsung memimpin penanganan bencana.

“Bantuan Presiden juga sudah masuk. Kalau kita langsung masuk itu akan melimpah, bisa bahaya. Kalau itu berupa makan akan busuk kalau barang bisa salah sasaran,” sebutnya.

Data dari BNPB, korban meninggal dunia akibat gempa bumi yang mengguncang NTB berjumlah 16 orang, di mana salah satunya merupakan warga asal Sulsel. Selain korban meninggal, 355 warga juga menderita luka-luka.

Penulis: Asrhawi Muin
Editor: Hendra Wijaya

Pemprov Sulsel Siap Kirim Bantuan ke NTB 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga