Kemenkes Siapkan 4,3 Juta Botol Vaksin MR Gratis untuk Luar Pulau Jawa

11
  • 1
    Share
Img 20180801 130411
Murid SD 103 Bontompare saat diberi imunisasi campak dan rubella oleh petugas Dinas Kesehatan Sinjai. (Sulselsatu/Andi Irfan Arjuna)

SULSELSATU.com, MAKASSAR – Kementerian Kesehatan RI menyiapkan sebanyak 4,3 Juta botol vaksin Measles dan Rubella beserta alat suntik dan logistik pendukung untuk daerah yang berada di luar pulau Jawa.

Menteri Kesehatan RI, Nila Farid Moeloek mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir akan ketersediaan dan biaya vaksin, sebab Indonesia memiliki industri vaksin dan masuk dalam 4 besar pabrik vaksin terbesar di dunia.

“Pemerintah menjamin ketersediaan vaksin sehingga masyarakat dapat memanfaatkannya tanpa perlu mengeluarkan biaya apapun,” kata Nila, di MTsn Model Makassar, Rabu (1/08/2018).

Ia menjelaskan, vaksin MR aman digunakan oleh anak-anak dan telah mendapat rekomendasi dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan izin edar dari Badan POM.

Selain itu, vaksin MR kata dia telah digunakan oleh 141 negara di dunia, termasuk negara-negara islam.

“Vaksin MR ini efektif untuk mencegah penyakit campak dan rubella, aman danbtelah digunakan di lebih dari 141 begara di dunia, termasuk negara islam,” ucap Nila.

Adapun sasaran kampanye Imunisasi Rubella tahun ini sebanyak 31.963.154 anak, yang tersebar di 28 provinsi di luar pulau jawa.

Penulis: Mawar A. Pasakai
Editor: Awang Darmawan

Terpopuler