14 Parpol Serahkan Berkas Perbaikan Bacaleg, Ada yang Lakukan Pergantian

429
  • 1
    Share
Img 20180724 Wa0010
Komisioner Divisi Teknis dan Logistik KPU Barru, Masdar. (Sulselsatu/Asriadi Rijal)

SULSELSATU.com, BARRU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Barru resmi menutup masa perbaikan berkas bakal calon legislatif (Bacaleg) tingkat DPRD Kabupaten, Selasa (31/7/2018) malam tepat pukul 23.59 Wita.

Total 14 partai politik yang ada telah melengkapi semua berkas bacalegnya. Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Barru merupakan parpol terakhir yang menyetor berkas perbaikannya.

“Empat belas partai sebagai peserta pileg 2019 di Barru sudah memasukkan berkas perbaikan Bacalegnya,” kata Divisi Teknis dan Logistik KPU Barru, Masdar, Rabu (1/8/2018)

Menurut Masdar, berkas perbaikan Bacaleg tersebut selanjutnya akan diverifikasi mulai tanggal 1 sampai 7 Agustus mendatang.

“Kita akan melakukan verifikasi administrasi terhadap semua berkas perbaikan Bacaleg tersebut. Ini perbaikan terakhir, jika dalam verifikasi nanti ditemukan masih ada yang belum lengkap berkasnya maka langsung dinyatakan TMS (Tidak Memenuhi Syarat),” ujarnya.

Ia menyebut ada beberapa partai politik yang melakukan pergantian daftar bacaleg. Hanya saja, Masdar belum bisa merinci semua parpol yang mengganti daftar Bacalegnya, sebab baru akan diverifikasi lebih lanjut oleh KPU.

“Data masih kami rekap, yang pasti ada beberapa parpol yang mengganti bacalegnya, seperti PSI ada calegnya yang tidak bisa mengajukan SK pengunduran dirinya sebagai ASN, sehingga hal itu diganti,” tuturnya.

Hanya saja harus dipahami pada regulasi yang ada, setelah proses verifikasi ini maka selanjutnya penetapan DCS (Daftar Calon Sementara) untuk kemudian dilakukan semacam tanggapan masyarakat.

“Nah, terkhusus untuk bagian ini parpol bisa mengganti bacalegnya ketika di belakang hari pada tanggapan masyarakat itu diketahui ada bacaleg yang sebagai bekas bandar narkoba, pernah melakukan kasus pelecehan seksual pada anak, korupsi, pencalonan ganda, dan mengundurkan diri ketika mempengaruhi 30 persen keterwakilan perempuan dan terpidana. Hanya saja pergantian tidak boleh digantikan oleh calon yang pernah diajukan, harus calon baru,” sambungnya.

Penulis: Asriadi Rijal
Editor: Awang Darmawan

14 Parpol Serahkan Berkas Perbaikan Bacaleg, Ada yang Lakukan Pergantian 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga