PDAM Barru Jamin Ketersediaan Air di Musim Kemarau

16
20180731 144930
Direktur PDAM Barru, Suheri Made. (Sulselsatu/Asriadi Rijal)

SULSELSATU.com, BARRU – Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Barru menjamin ketersediaan air bersih pada musim kemarau tahun ini.

“Meski saat ini sudah memasuki musim kemarau yang identik dengan kekeringan, tapi melihat kapasitas instalasi yang kita punya sekarang, maka kelancaran air baku di Barru bisa dijamin hingga Agustus mendatang,” kata Direktur PDAM Barru Suheri Made, Rabu (1/8/2018).

Suheri menyebutkan, hingga saat ini kelancaran air baku yang dialirkan PDAM kepada 8.658 pelanggan aktif masih berjalan normal.

“Kelancaran air baku kita di sini masih mencapai 50-60 liter per detik. Itu masih di atas rata-ratalah kelancarannya, jadi masih normal dan tetap aman untuk memenuhi kebutuhan pelanggan,” ucapnya.

Meski demikian, Suheri mengakui, musim kemarau ini akan terus terjadi hingga September mendatang. Pihaknya memperkirakan debit air akan menurun.

“Kalau pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kemungkinan debit air akan turun jika kemarau panjang terus terjadi hingga September, tapi palingan hanya sekian persen saja turunnya,” ungkapnya.

“Ini persoalan alam, jadi jika hujan tak turun-turun hingga September yah kemungkinan debit air akan menurun. Harapan kami sebenarnya untuk di Barru kepada Balai SDA agar sekiranya bisa menyiapkan embun karena selama ini kami hanya mengandalkan air sungai,” harapnya

Penulis: Asriadi Rijal
Editor: Hendra Wijaya