Pendaki Difabel Bertekad Kibarkan Merah Putih di Puncak Elbrus

60
  • 2
    Shares
Sabar Gorky
Sabar Gorky (IST)

SULSELSATU.com, SOLO – Seorang pendaki berkaki satu asal Kota Solo, Sabar Gorky bertekad mengibarkan bendera Merah Putih di puncak tertinggi Benua Eropa, Gunung Elbrus di Rusia, kedua kalinya, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang.

“Saya bersama tim sebanyak delapan pendaki akan menuju Rusia di puncak gunung bersalju Elbrus dengan ketinggian sekitar 5.642 meter di atas permukaan air laut untuk upacara memperingati Hari Kemerdekaan RI,” kata Sabar Gorky di Solo, Rabu, 1 Agustus 2018, dilansir Antara.

Sabar Gorky yang pernah memanjat Monas itu berencana menaklukan medan bersalju yang memiliki jarak sekitar lima hingga enam kilometer menuju puncak Elbrus Rusia itu.

“Saya membuktikan bahwa dengan satu kaki pun bisa mendaki puncak-puncak tertinggi dunia. Hal ini memberikan semangat para atlet Indonesia menginspirasikan untuk tidak pernah menyerah,” kata karyawan PMI Kota Surakarta itu.

Pengalaman Sabar Gorky mendaki gunung tak main-main. Ia sebelumnya telah menaklukan empat puncak gunung tertinggi dunia, yakni Kilimanjaro Afrika, Aconcagua Argentina, Carstensz Pyramid Papua, dan Elbrus Rusia.

“Saya pernah melakukan pendakian Elbrus yang pertama melalui medan sisi utara pada 2011. Saya tahun ini, pendakian melalui sisi selatan,” kata Sabar.

Untuk pendakian nanti, ia mengaku sudah mempersiapkan diri, baik fisik maupun peralatan, untuk menghadapi medan bersalju di puncak Elbrus yang memiliki suhu hingga mencapai -7 derajat tersebut.

“Kami bersama tim pada tanggal 14 Agustus sudah di tempat lokasi pendakian dan diperkirakan 17 Agustus mencapai puncak Elbrus untuk mengibar bendera Merah Putih,” kata Sabar.

Ketua PMI Kota Surakarta Susanto yang didampingi Sekretaris PMI, Sumartono, mengatakan, pihaknya mengapresiasi dan mendukung Sabar Gorky yang telah menjadi karyawan PMI Surakarta untuk menaklukkan puncak Elbrus di Rusia itu. Selain puncak Elbrus, Sabar juga akan menaklukkan puncak Gunung Vison Massif di kutub selatan.

“Kami sangat mendukung untuk kedua kalinya Sabar Gorky menaklukan puncak Elbrus, di Agustus yang bertepatan Hari Kemerdekaan RI. Sabar berencana melaksanakan upacara 17 Agustus di Puncak Elbrus bersama pendaki lainnya,” kata Sumartono.

Menurut dia, Sabar memilih Elbrus karena ingin menyelesaikan dua jalur pendakian yang ada di sana, yakni utara dan selatan. Untuk itu, PMI Surakarta mendukung penuh Sabar, baik berupa latihan fisik, teknik, dan persiapan stamina.

“Sabar melakukan latihan teknik di Pantai Parangtritis, Karanglo Yogyakarta, dan Gunung Lawu Boyolali, Jateng. Kami berharap kegiatan ini memotivasi untuk lebih mencintai Indonesia,” kata Sumartono.

Editor : Agung Hidayat

Terpopuler