Timnas Irak Resmi Mengundurkan Diri dari Asian Games Cabang Sepak Bola

23
  • 14
    Shares
Irak
Timnas Irak (int)

SULSELSATU.com – Berita mengejutkan datang dari Timnas sepak bola Irak yang memilih mengundurkan diri jelang pembukaan Asian Games 2018 bulan Agustus.

Kepastian mundurnya timnas Irak didapat Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) dari surat resmi yang dikirim Komite Olimpiade Irak pada Rabu (1/8/2018).

“Kami minta maaf karena timnas Irak tidak bisa ikut berpartisipasi di cabang olahraga sepak bola Asian Games 2018,” tulis Direktur Hubungan Internasional Komite Olimpiade Irak Haitham Abdulhameed yang dikutip dari CNN Indonesia.

Abdulhameed beralasan krisis pemain menjadi penyebab utama timnas Irak tidak bisa tampil di Asian Games 2018. Sebagian pemain timnas Irak U-23 mengalami cedera, dan sebagian lainnya tidak mendapat izin dari klub.

“Banyaknya pemain yang cedera. Beberapa pemain yang terkait dengan klub yang tampil di Arab Club Championship tidak mendapat izin untuk bergabung dengan timnas Irak,” tulis Abdulhameed.

Dari hasil undian yang telah dilakukan, timnas Irak masuk Grup C bersama dengan China, Timor Leste dan Suriah. Absennya Irak juga ditanggapi Wakil Ketua Umum PSSI Joko Driyono.

“Sesuatu mengejutkan tidak pernah dalam sangkaan PSSI, INASGOC maupun AFC. Tapi mudah-mudahan Asian Games ini tetap menjadi event dengan kualitas kompetisi yang bagus untuk negara-negara terbaik mempertaruhkan prestasinya,” ujar Joko.

Mundurnya Irak membuat peserta di cabang sepak bola Asian Games 2018 tersisa 25 negara. Grup A dan E diisi lima negara, Grup B, D, F masing-masing empat dan C dihuni tiga negara.

Deputi Bidang Games Operation INASGOC Harry Warganegara memastikan tidak akan ada pengundian ulang setelah mundurnya timnas Irak dari Asian Games 2018.

“Tidak ada (pengundian ulang). Tinggal kurangi satu saja di Grup C. Kami sebagai penyelenggara menyesuaikan saja,” ucap Harry.

Timnas Irak punya rekor cukup bagus di Asian Games. Prestasi terbaik timnas Irak adalah meraih medali emas pada 1982. Sementara empat tahun lalu di Korea Selatan, timnas Irak berhasil meraih medali perunggu.

Editor: Febriansyah

Rekomendasi Berita

Baca Juga