Warga “Tersandera” di RSUD Barru karena Tak Punya Biaya, Suardi Saleh Marah Besar

1526
  • 790
    Shares
Suardi Saleh

SULSELSATU.com, BARRU – Malang betul nasib Nur Magfira (21), warga Pekkae, Kecamatan Tanete Rilau, Kabupaten Barru. Ia terpaksa harus “tersandera” di rumah sakit lantaran tak punya uang untuk membayar biaya pengobatan selama dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Barru.

Jumlahnya cukup besar, yakni Rp 20 juta. Magfira juga tak memiliki BPJS Kesehatan.

Informasi ini kemudian sampai ke telinga Bupati Barru, Suardi Saleh. Ia pun langsung bergerak cepat menemui Magfira untuk menyelesaikan masalahnya.

“Saya tidak punya BPJS, Pak. Biayanya lebih 20 juta. Alhamdulillah Pak Bupati pastikan jika saya akan segera diuruskan BPJS dan dibebaskan dari pembayaran selama di rumah sakit ini,” kata Magfira kepada Sulselsatu.com, Kamis (2/8/2018)

Suardi pun marah besar lantaran menganggap hal ini tak perlu terjadi. Menurut dia, siapapun warga jika ingin berobat di rumah sakit, pihak rumah sakit harus memberikan pelayanan secara maksimal dan memastikan jika warga tersebut tidak punya BPJS segera diuruskan hingga selesai.

“Kita ini kabupaten Barru telah mendapatkan program UHC yang memudahkan untuk kepengurusan BPJS. intinya pihak Rumah Sakit jika ada warga seperti ini segera diuruskan itu kalau tidak punya BPJS apalagi jika memang tidak mampu,” tegas Suardi di hadapan pegawai RSUD Barru.

“Saya tidak lagi ingin mendapatkan laporan masyarakat jika pasien yang tidak punya BPJS harus dibebankan biaya, harus segera diberikan solusi. Uruskan cepat itu BPJS-nya. Kalau tidak ada KTP atau KK-nya uruskan juga, yang penting itu memang dipastikan tidak mampu, ini sama sekali tidak boleh dibiarkan,” sambungnya.

Diketahui, informasi ini terlebih dahulu diviralkan oleh akun Facebook Pajokka dengan mengaupload foto pasien dan menuliskan jika pasien tersebut membutuhkan dana untuk melunasi biaya pengobatannya di RSUD Barru.

Penulis: Asriadi Rijal
Editor: Awang Darmawan

Warga "Tersandera" di RSUD Barru karena Tak Punya Biaya, Suardi Saleh Marah Besar 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga