Harga Elpiji 3 Kg Meroket, Pemkab Sinjai Sidak Agen dan Pangkalan

39
  • 20
    Shares
Elpiji Sinjai
Kabag Ekonomi Setdakab Sinjai, Andi Tenri Were Baso saat melakukan sidak ke pihak pangkalan gas elpiji yang ada di Sinjai. (Sulselsatu/Andi Irfan Arjuna)

SULSELSATU.com, SINJAI – Harga tabung gas elpiji 3 Kg di Kabupaten Sinjai belakangan ini mengalami kenaikan. Hal ini membuat Bidang Ekonomi Setdakab Sinjai bekerjasama dengan pihak kepolisian dan TNI serta Satpol PP melakukan sidak ke sejumlah agen dan pangkalan, Kamis (2/8/2018).

Kabag Ekonomi Setdakab Sinjai, Andi Tenri Rawe Baso mengatakan, pemerintah daerah memang setiap pekan turun melakukan pengawasan untuk mengetahui titik permasalahan kenaikan harga. Hasilnya, kenaikan harga ini dipicu oleh distribusi tabung elpiji yang terbatas dari agen pengecer.

Selain itu, permintaan konsumen yang meningkat membuat sejumlah pangkalan melakukan spekulasi harga.

“Setelah kita mengkonfirmasi, pihak agen menjelaskan bahwa jatah untuk pangkalan tersebut dikurangi karena melakukan pelanggaran. Harganya dinaikkan dari harga Rp 30 ribu, Rp 25 ribu dan sampai hari ini harganya mulai turun menjadi Rp 20 ribu hingga Rp 18 ribu,” ungkapnya.

Salah seorang pengelola pangakalan gas elpiji, Ambo Sakka mengakui kelangkaan stok gas elpiji 3 Kg beberapa hari belakangan ini. Akibatnya, ia terpaksa harus mengambil stok ke pangkalan lain dengan harga yang lebih tinggi.

“Kita terpaksa ambil stok di pangkalan lain karena stok di agen biasanya habis. Harganya pun kita naikkan karena kita perhitungkan ongkos bensin saat kita menjemput barang di pangkalan lain,” terangnya.

Penulis: Andi Irfan Arjuna
Editor: Awang Darmawan

Harga Elpiji 3 Kg Meroket, Pemkab Sinjai Sidak Agen dan Pangkalan 1

Rekomendasi Berita

Baca Juga