2017, Kabupaten Gowa Surplus Pangan 258,7 Persen

41
  • 8
    Shares
Muchlis
Sekretaris Kabupaten Gowa, Muchlis. (IST)

SULSELSATU.com, GOWA – Sekretaris Kabupaten Gowa, Muchlis menyebut hasil pemantauan dan analisis data ketersediaan bahan pokok di Kabupaten Gowa dalam keadaan surplus.

Hal itu diungkapkan ketika membuka sekaligus menjadi narasumber pada kegiatan pertemuan kordinasi ketersediaan pangan dan distribusi pangan tingkat Kabupaten Gowa, di Hotel Aerotel Smile, Selasa (31/7/2018).

“Bahan pokok kita mengalami surplus sebesar 258,7 persen, itu ditinjau dari hasil neraca bahan makanan (nbm) pada tahun 2017. Jika dilihat dari hasil produksi maka dikonnversi kebutuhan kalori memenuhi kebutuhan perkapita/hari yaitu 5.561 kkal. sementara anjuran kecukupan kalori untuk orang indonesia hanya 2.150 kkal berarti surplus 258,7 persen,” katanya.

Selain itu lanjut Muchlis, pada komoditas padi dimana Kabupaten Gowa mendapat tugas dari Kementerian Pertanian untuk mendata stok gabah dan beras di 33 buah penggilingan yang tersebar di 18 kecamatan.

2017, Kabupaten Gowa Surplus Pangan 258,7 Persen 1

“Dari hasil pemantauan menunjukkan stok gabah kita dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dengan volume mencapai rata -rata 450 kg / hari ditiap penggilingan,” pungkasnya.

Olehnya, ia berharap, ke depannya capaian tersebut mampu dipertahankan agar stok pangan baik dari bahan pokok, padi dan lainnya bisa mencukupi masyarakat Kabupaten Gowa.

“Ini capaian yang bagus, pertahankan agar memenuhi masyarakat kita demi kesejahteraan kita semua,” harap Muchlis.

Pertemuan ini dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Gowa dan dihadiri pula kelompok Gabungan Kelompok Tani (gapoktan) dan lintas sektor SKPD Kabupaten Gowa.

Penulis: Reni Kamaruddin
Editor: Awang Darmawan

2017, Kabupaten Gowa Surplus Pangan 258,7 Persen 2

Rekomendasi Berita

Baca Juga