Duh! Warga Belum Bisa Urus KK dan Akta di Disdukcapil Palopo

31
  • 20
    Shares
Img 20180731 103109
Tak seperti hari-hari biasanya, kantor Disdukcapil Kota Palopo tampak sepi. Jarigan data kependudukan di kantor ini diputus Kemendagri. (Sulselsatu/Herianto)

SULSELSATU.com, PALOPO – Masalah di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Palopo seakan tak ada hentinya. Usai tiga pekan berhenti berikan pelayanan e-KTP, kali ini Disdukcapil Palopo belum bisa melayani pengurusan Kartu Keluarga (KK) dan e-KTP.

Kadisdukcapil Palopo, Akram Risa mengatakan, jaringan sistem administrasi kependudukan memang sudah diaktifkan kembali pasca diputuskan oleh Kemendagri. Namun, hal itu tidak berlaku untuk pembuatan Kartu Keluarga (KK).

“Jaringan administrasi kependudukan sudah aktif itu khusus e-KTP. Namun, keputusan Kemendagri tidak berlaku untuk pembuatan KK dan sejenis akta,” beber Akram kepada Sulselsatu.com, Kamis (2/8/2018).

Olehnya, masyarakat Palopo yang ingin membuat akta dan KK diminta bersabar hingga proses pemulihan telah selesai.

“Untuk KK dan Akta belum bisa dibikin karena Dinas Kependudukan Palopo memang dibekukan dari pusat. Setelah jabatan kepala dinas yang lama dikembalikan baru bisa,”jelasnya

Pelayanan di kantor Disdukcapil Palopo memang sempat lumpuh selama tiga pekan. Hal ini disebabkan karena Kemendagri memutus jaringan sistem kependudukan sebagai sanksi atas sikap Walikota Palopo yang melakukan mutasi pejabat Disdukcapil Palopo tanpa izin.

Penulis: Herianto
Editor: Awang Darmawan