Israel Blokir Pasokan Bahan Bakar dan Gas ke Jalur Gaza

  • 3
    Shares
Israel
Israel telah memblokir pasokan bahan bakar dan gas ke Jalur Gaza (int)

SULSELSATU.com, GAZA – Israel telah memblokir pasokan bahan bakar dan gas ke Jalur Gaza. Mereka mengklaim tindakan ini sebagai pembalasan terhadap aksi warga Palestina yang membakar lahan Israel, demikian media setempat melaporkan.

“Keputusan ini diambil karena teror tak henti menggunakan balon yang dibakar dan bentrokan di sepanjang pagar perbatasan,” demikian pernyataan Menteri Pertahanan Israel, Avigdor Lieberman, sebagaimana dilansir Reuters.

Keputusan ini akan membawa dampak besar pada kantong warga Palestina yang selama ini sudah sering mengalami mati listrik, terutama fasilitas-fasilitas kesehatan.

Kehadiran rumah sakit di Jalur Gaza sangat penting di tengah peningkatan ketegangan sejak warga Palestina menggelar aksi besar-besaran setiap hari Jumat.

Aksi besar-besaran sejak Maret ini bertujuan agar para pengungsi dapat kembali ke kampung halaman nenek moyang mereka yang kini sudah menjadi wilayah kekuasaan Israel.

Setiap pekan di hari Jumat, pengunjuk rasa membakar ban dan melempari batu ke pagar pembatas, di mana tentara Israel bersiaga. Para tentara tak segan melepaskan tembakan jika ada demonstran yang mendekati pagar perbatasan.

Reuters menyebut total 130 warga Palestina tewas akibat bentrokan ini. Sementara itu, tak ada korban jiwa jatuh dari pihak Israel.

Editor: Febriansyah